Indonesia Juga Bisa Bikin Lopfit, Sepeda Unik untuk Penyuka Jalan Kaki

Sepeda Lopfit versi lokal
Sumber :
  • Tangkapan layar Facebook

VIVA – Beberapa waktu lalu, sebuah video viral di media sosial Twitter menunjukkan seseorang berjalan kaki di atas sepeda. Dalam video yang direkam di luar negeri itu, terlihat jelas bahwa seorang pria berpakaian santai berjalan di atas treadmill, alat olahraga untuk mereka yang enggak keluar ruangan.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Menurut situs Autoevolution, sepeda aitu bernama Lopifit, dan hadir secara perdana pada 2016. Ide pembuatan Lopifit dimulai ketika ada pertanyaan receh, bagaimana jika ingin menggunakan alat treadmill di luar ruangan.

Pada Lopifit terdapat sebuah sensor, yang mendeteksi saat pengendara mulai berjalan dan akhirnya mengaktifkan motor listrik. Gerakan yang dilakukan pengendara bertujuan untuk mengisi ulang baterai, bukan langsung menggerakkan roda.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Dalam kondisi baterai terisi penuh, Lopifit mampu menempuh jarak sekitar 75 kilometer. Alat transportasi personal ini juga dibekali mode berkendara, dan kecepatannya bisa mencapai sekitar 25 kilometer per jam.

Baca Juga: Ada-ada Saja, Payung Ini Dirancang Khusus Untuk Pesepeda

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati

Lopifit ditawarkan dengan harga US$2.500, atau setara Rp36,5 juta. Namun, ada juga versi replikanya yang dibanderol hanya US$600 atau sekitar Rp8,7 juta.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Jual Beli Sepeda Bekas Jogja, Kamis 17 September 2020, ternyata kendaraan mirip Lopfit juga ada di Indonesia. Prinsip kerjanya sama, yakni menggunakan landasan treadmill sebagai penggerak.

Bedanya dengan produk asli, gerakan berjalan kaki pengendara Lopfit versi lokal ini langsung terhubung ke roda belakang sepeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya