Honda Bikin Pesawat Jet Pribadi, Berapa Harganya?

Pesawat jet Honda saat terbang perdana di AS.
Sumber :
  • www.wallstreetjournal.com

VIVAnews - Honda semakin mendekatkan diri dengan langit. Hal itu terlihat setelah perusahaan berlogo sayap mengepak ini telah melakukan penerbangan perdananya selama 84 menit di dekat kantor pusat Honda Aircraft.

Langkah itu dilakukan Honda menjelang sertifikasi dan pengiriman tahun depan untuk para calon konsumennya di Amerika Serikat dan Eropa.

Presiden Honda Aircraft Michimasa Fujino mengatakan mimpinya untuk melihat "Civic terbang di angkasa" sudah di depan mata. Diapun pun bangga karena perusahaan yang dia pimpin bisa menjawab tantangan perkembangan zaman yang membutuhkan jet pribadi buatan Honda.

"Ini merupakan prestasi penting bagi Honda yang membawa pencerahan dan cahaya paling canggih untuk membuat jet pribadi dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar," terang Michimasa seperti dikutip Wall Street Journal, Selasa 1 Juli 2014.

Terkait penerbangan perdananya, tes tersebut dilakukan untuk melihat kinerja pesawat dalam keadaan sesungguhnya. Pesawat dikatakan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Piedmont Triad di North Carolina hingga mengudara di ketinggian 15.500 kaki dengan kecepatan sekitar 644 kilometer perjam.

Jet pribadi yang bisa mengangkut lima orang penumpang ini memiliki desain yang istimewa dan diklaim irit bahan bakar. Honda jet bisa terbang dalam kecepatan jelajah maksimum 483 mil perjam (777 kph).

"Kami optimis akan dapat bersaing dengan pesawat jet lainnya yang dibuat produsen jet mapan seperti Textron, Cessna, Embraer, dan Cirrus," sebutnya.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Bicara calon konsumen, media Jepang menyebut Honda Jet telah menerima lebih dari 100 pemesanan.

Honda Jet ini dijual US$4,5 juta atau setara Rp52,6 miliar dan saat ini sudah dijual di Amerika Utara dan Eropa melalui jaringan Honda Jet agen. (ita)

Ilustrasi: Para santri Ma'had Al Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara resmi membuka pendaftaran ujian masuk UIN, 17 April-15 Juni 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024