Ini Jadinya Bila Oli Audi TT Tidak Diganti

Kerak oli di mesin Audi TT
Sumber :
  • Carbuzz

VIVA.co.id - Ada alasannya mengapa oli kendaraan, baik mobil maupun motor, harus diganti setiap beberapa ribu kilometer. Buku petunjuk penggunaan juga sudah jelas membahas mengenai hal ini.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Bahkan diler juga sudah mengatur waktu khusus, di mana setiap beberapa bulan atau jarak tertentu, kendaraan harus dibawa ke bengkel untuk diperiksa dan diganti olinya. Namun ada saja pemilik yang memilih mengabaikan hal itu.

Salah satunya adalah pria pemilik Audi TT ini. Dilansir dari Carbuzz, Senin, 23 Maret 2015, sebuah mobil Audi TT 3.2 masuk ke bengkel karena pemiliknya mengeluh mengenai performa mesin.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Saat mekanik membuka bagian atas mesin, ia menemukan kerak dalam jumlah yang luar biasa di bagian klep dan camshaft-nya. Jelas hal ini yang membuat mesin berkapasitas 3.200cc enam silinder itu turun kemampuannya. Melihat dari kondisinya, mesin ini hanya mampu mengeluarkan paling besar setengah dari tenaga aslinya, yang mencapai 247 daya kuda.

Tidak jelas mengapa mobil yang harga barunya mencapai US$40 ribu, atau sekitar Rp522 juta, itu tidak pernah dibawa ke bengkel untuk melakukan penggantian oli. Namun dari penunjuk kilometer yang ada di panel instrumen, tercatat mobil itu sudah menempuh jarak sejauh 135 ribu kilometer.

Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas

Sekedar informasi, oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin yang terbuat dari besi. Dalam menjalankan tugasnya, pelumas juga kerap mengikat kotoran yang ada di mesin. Selain itu, oli juga memiliki titik jenuh, sehingga harus dilakukan penggantian berkala.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya