Alasan Moge 'Haram' Tenggak Pertalite

Ilustrasi. Dicati Diavel Chrome saat dipamerkan di ajang IIMS 2014.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Pertamina berencana menyediakan bahan bakar minyak dengan jenis baru, Pertalite. Bahan bakar ini akan mulai didistribusikan secara bertahap mulai Mei 2015. Pertanyaannya, bolehkah Pertalite untuk motor gede?

Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya

Bukan rahasia lagi jika motor gede memiliki kapasitas mesin jauh lebih besar dari pada motor bebek. Walaupun memiliki kandungan Researh Octane Number (RON) lebih besar dibandingkan premium, namun Pertalite ternyata belum bisa ditenggak motor gede.

Andre Osman selaku Manager Marketing Probike Motor mengatakan bahwa motor gede biasanya menggunakan bahan bakar minimal Pertamax Plus.

Premium Mulai Dihapus dari Pasaran

"Saya rasa tidak layak jika motor gede menggunakan bahan bakar ini (Pertalite), walaupun memang lebih baik dari premium," kata Andre saat ditemui Viva.co.id.

Namun, Andre tak membantah bahwa ada beberapa jenis moge yang dapat menenggak Pertalite. Konsekuensinya, penggunakan bahan bakar ini akan berdampak pada mesin motor bila digunakan terus menerus. Yang paling fatal, motor akan cepat rusak.

"Efek jangka panjang pada motor seperti akan timbul kerak di mesin, pembakaran yang harusnya bersih menjadi tidak bersih, dan umur motor akan lebih pendek dari seharusnya,” terang Andre.

Bagi Andre, menggunakan bahan bakar Pertamax plus wajib hukumnya bagi motor gede, untuk mendukung performa mesin pada motor.

“Pakai Pertamax biasa sebenarnya sudah menyalahi aturan, harusnya Pertamax Plus. Apabila mesin 250 memang tidak terlalu masalah, tapi tetap saja pembakaran pada mesin akan kurang dan itu menyebabkan kurangnya performa serta polusi udara,” jelas Andre.

Dikabarkan bahwa Pertalite memiliki Researh Octane Number (RON) 90, atau lebih tinggi dari Premium dengan RON 88. Untuk harganya, Pertalite akan dibanderol seharga Rp8.300 per liter. Premium seharga Rp7.400. (one)

Tips Naik Motor Gede Ala Si Cantik Nabila Putri
Gading Marten

Moge Spesial Gading Marten, Bikin Ingat Anak-Istri

Dia memodifikasi modenya dengan gaya bobber atau montok.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016