UPS Siapkan Mobil Hibrida Hidrolik

VIVAnews – United Parcel Services (UPS), ternyata perusahaan yang latah. Namun, latahnya UPS adalah latah positif dengan tujuan penghematan energi. Perusahaan jasa kurir asal Amerika ini berencana untuk menggunakan mobil bertenaga alternatif untuk mendistribusikan paket-paket milik pelanggannya. Yaitu mobil yang menggunakan mesin hidrolik berteknologi hibrida (hydraulic hybrid vehicles/HHV).

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?

Dalam keterangan resminya disebutkan, upaya ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial UPS dalam upaya penghematan energi. UPS sudah memesan sebanyak tujuh unit HHV untuk dioperasikan sepajang 2009 hingga 2010 mendatang. Dua di antaranya dipastikan telah berada dalam garasi UPS pada kwatal pertama tahun depan.

HHV merupakan teknologi yang dikembangkan lembaga perlindungan lingkungan Amerika, EPA (Environmental Protection Agency). Mesin ini hasil kombinasi mesin diesel yang menggunakan sistem hidrolik untuk menyuplai tenaga. Tanpa sistem rangkaian penggerak (drivetrain) dan transmisi konvensional, mesin ini dapat mencapai putaran maksimum yang efisien setiap saat.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Skema mesin mobil hibrida UPS

Pola kerjanya, tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel akan dikumpulkan dalam sebuah akumulator bertekanan tinggi melalui sebuah pompa. Di mana motor pengerak pompa tersebut terkoneksi dengan roda-roda. Saat mobil mengerem, motor pompa akan bekerja untuk menangkap sekitar 70 persen energi yang tercipta dari pengereman. Jumlah itu hampir tiga kali lebih besar dari yang bisa ditangkap oleh sistem pengereman hibrida bertenaga listrik.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

UPS optimistis, dengan mengadopsi mesin ini pada mobil-mobil operasionalnya, mereka bisa memangkas biaya konsumsi BBM hingga 50 persen. Sementara di sisi lain, teknologi mesin yang belum dikenal luas ini diyakini mampu menekan emisi hingga 30 persen.

”Kami belum dapat memastikan kapan mobil ini secara resmi dapat digunakan di jalan-jalan Amerika,” kata Kepala Operasi UPS David Abney dalam rilis tersebut. David menambahkan, melalui rilis tersebut, UPS tidak sedang mendeklarasikan bahwa mesin hidrolik hibrida ini adalah ampuh untuk menghemat energi. ”Setidaknya teknologi ini cukup menjanjikan,” tegasnya.

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

Para aktivis 98 mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengajukan diri sebagai amicus curiae dalam sidang sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024