Kenali Penyebab Teknis Mobil Bisa Terbakar

Ban mobil terbakar di Cawang, Jakarta Timur, masih utuh.
Sumber :
  • Pius Yosep Mali - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sebuah mobil Toyota Avanza terbakar di Cawang, Jakarta Timur, Minggu 16 April 2017. Penyebab kebakaran mobil yang disebut sebagai aksi teror kepada pemimpin organisasi masyarakat FPI, Rizieq Shihab tersebut saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian.

Terkuak, Kaki AKP Novandi Patah Terjepit Dashboard Camry

Bicara soal mobil terbakar memang bukanlah hal baru di Jakarta. Kejadian seperti ini bisa terjadi di mana pun baik dengan mobil berusia pakai tua maupun kendaraan baru.

Secara teknis, penyebab mobil terbakar dikatakan General Repair Service Manager Workshop Department Service Division PT Toyota Astra Motor Iwan Abdurrahman, bisa disebabkan oleh banyak hal.

Camry Terbakar di Senen yang Ditumpangi AKP Novandi Milik Fatimah

"Penyebab paling sering secara teknis itu kelistrikan karena arus pendek, modifikasi, atau kelebihan beban. Kemudian dari knalpot yang panas dan membakar sesuatu benda di bawah mobil, serta kebocoran chemical seperti oli yang ada di suhu mendidihnya," ujar Iwan dihubungi VIVA.co.id, Minggu 16 April 2017.

Iwan mengatakan, tidak hanya teknis mobil, ada pula faktor eksternal yang bisa membuat mobil hangus terbakar. Contohnya, pengemudi tidak sadar mobilnya parkir di sisa bakaran sampah yang masih memiliki bara api. Hal ini tidak menutup kemungkinan membakar mobil dari posisi ban.

Ungkap Mobil Terbakar yang Tewaskan AKP Novandi Bersama Wanita

Contoh lainnya adalah korek gas yang meledak saat ditaruh di kabin mobil yang panas akibat di parkir di bawah terik matahari. Ledakan dari korek tersebut bisa dengan mudah membakar kabin mobil.

"Soal mobil terbakar itu banyak sekali penyebabnya baik internal maupun eksternal kendaraannya. Harus diketahui juga apakah mobilnya standar atau sudah dimodifikasi. Jadi ini memang harus dicek secara menyeluruh," kata Iwan.
 

Mobil Daihatsu Ayla terbakar di Tanah Baru, Depok

Mobil Daihatsu Ayla Terbakar di Tanjakan Depok, Pengemudi Selamat

Mobil Daihatsu Ayla merah tiba-tiba mengeluarkan asap dari bagian dashboardnya saat melintasi tanjakan jalan Raya Curug Agung, Beji Depok. Mobil terbakar

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022