Mudik Tahun Ini, Jangan Kaget Jika Ada Motor Masuk Tol

Motor milik Pertamina yang disiapkan untuk bawa BBM.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Tahun lalu, para pemudik yang melintas di Tol Cipali terjebak kemacetan panjang di pintu keluar Brebes Timur (Breksit). Mereka harus antre hingga belasan jam untuk bisa melanjutkan perjalanan ke arah timur Jawa, karena padatnya arus lalu lintas.

Pertamina Bentuk Satgas, Pastikan Kebutuhan Energi saat Idul Fitri Aman di Aceh

Tak sedikit pemudik yang panik karena jumlah bahan bakar di tangki menipis. Mereka tidak punya pilihan selain membeli bensin eceran yang disediakan pedagang dadakan, dengan harga hingga tiga kali lipat.

Agar kejadian ini tidak terulang lagi di musim mudik 2017, PT Pertamina Persero melakukan sejumlah strategi. Salah satunya dengan menyediakan motor pembawa bahan bakar minyak atau BBM. Hal itu diungkapkan Vice President Corporate Communication Pertamina Persero, Adiatma Sardjito.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

"Nanti apabila jalanan macet dan tidak bisa ditembus mobil pengantar bensin, kami akan menggunakan motor yang membawa 30 liter bensin Pertamax dan Pertamina Dex. Jumlah motor ada 19 unit," ujarnya di Menteng, Jakarta Pusat.

Selain motor, Pertamina juga akan menyediakan mobil Toyota Kijang Innova, yang juga membawa BBM untuk disalurkan kepada pemudik yang membutuhkan. Dua jenis kendaraan ini akan disebar di titik-titik penting yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Penuhi Kebutuhan di Masa Mudik Lebaran, Pertamina Jamin Stok BBM-LPG di Ciayumajakuning Aman

"Mobil dan motor ini akan contra flow (lawan arus), dikawal polisi. Dan motor ini nantinya akan masuk tol juga," tuturnya.

Guna mencegah antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU akibat kosongnya stok BBM, Pertamina juga akan menyiapkan 18 juta liter BBM guna keperluan mudik tahun ini. (mus)

Pertamina dan Bakrie Group bersepakat untuk mengembangkan Infrastruktur Shared Hub di IKN yang merupakan bagian dari Nusantara Knowledge Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bakrie Group and Pertamina Develop Research Infrastructure at IKN

The Bakrie Group and Pertamina have agreed to develop a Shared Hub Infrastructure in the new capital, IKN Nusantara by signed a Memorandum of Understanding (MoU).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024