Tarif Ideal Taksi Online Menurut Pengemudi

Ilustrasi layanan ojek dan taksi online
Sumber :
  • REUTERS/Agoes Rudianto

VIVA.co.id – Penetapan tarif batas atas dan batas bawah pada angkutan berbasis aplikasi atau taksi online, mulai efektif berlaku 1 Juli 2017 lalu. Hal itu sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017.

Motif Sopir Taksi Online Peras Rp 100 Juta Penumpangnya, Kebelet Nikah Belum Ada Biaya

Adapun tarif batas bawah dipatok Rp3.500 per kilometer dan tarif batas atas Rp6.000. Tarif tersebut berlaku untuk wilayah satu, yang meliputi Sumatera, Jawa dan Bali.

Penetapan tarif batas atas dan batas bawah taksi online itu mendapat tanggapan dari Ketua Front Driver Online, Nur Adim alias Aris Clowor.

Top Trending: Kisah Nyata Konser Ghaib hingga 3 Personel Polsek Main Kartu

Menurut dia, para pengemudi taksi online setuju dengan langkah yang dilakukan pemerintah. Namun, para mitra taksi online kurang puas akan kebijakan tersebut.

"Setuju, agar tidak ada saling dirugikan. Namun saat ini, perusahaan taksi online masih melanggar peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Contoh, sampai saat ini Grab masih minim informasi soal tarif yang ditentukannya," kata Aris kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Top Trending: Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta hingga Momen Warga Suudzon dengan Polisi

Menurut dia, penetapan tarif batas atas dan batas bawah yang diterapkan pemerintah belum cukup memberi kepuasan bagi para pengemudi taksi online. Idealnya, kata dia, tarif taksi online yakni sekitar Rp5 ribu per kilometer. "Yang pas buat taksi online itu ya Rp4.500-Rp5.000. Sudah standar menurut kami tarifnya segitu," tuturnya.

Aris mengungkapkan, para mitra taksi online tak merasa khawatir akan sepinya permintaan, pasca diberlakukannya tarif baru tersebut. "Saya kira tidak (khawatir), karena itu menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari dan agar tidak ada kesenjangan antara online dan angkot," kata dia. (mus)

Vinfast jadi taksi online

Vinfast Jadi Armada Andalan Taksi Online

Dalam setahun pertamanya, GSM tidak hanya meluncurkan layanan baru dan memperluas jangkauannya ke berbagai provinsi dan kota.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024