Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem

Kampas rem Brembo yang ditawarkan di pameran Gatomi 2016.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Rem merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Sebab, rem berfungsi untuk menghentikan kendaraan.

Dampak Buruk Lupa Turunkan Rem Tangan Mobil

Jika rem tidak berfungsi dengan sempurna, bisa saja terjadi kecelakaan. Banyak kecelakaan terjadi di jalan raya disebabkan oleh rem blong atau rem yang tidak terlalu pakem.

Karena itu, sebaiknya pengendara lebih memperhatikan, kapan waktu yang tepat mengganti kampas rem.

Cuma Rp170 Ribu, Apa Sih Kelebihan dari Kampas Rem Bosch?

Menurut Ade Rohman, Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) –  distributor sepeda motor Honda Jawa Barat – kunci mengetahui kondisi rem adalah dengan memantau lalu lintas yang dilalui setiap hari.

"Ketika akan melakukan penggantian rem, baik belakang atau depan, tidak dapat ditentukan dengan lama waktunya, tetapi bergantung dari pemakaian ( jalan macet akan lebih boros ). Dan apabila akan melakukan penggantian kampas rem, dapat dilihat di indikatornya atau dari hasil pengeremannya," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Cara Tahu Kampas Rem Motor Sudah Habis

Ade menambahkan, bila pengendara juga harus mengganti kampas rem apabila kampas sudah mulai terasa keras.

"Apabila kampas rem masih tebal dan indikator belum menunjukan harus ganti, tetapi kondisinya sudah keras, tetap harus dilakukan penggantian," jelasnya.

Selain dapat menyebabkan kecelakaan, telat mengganti kampas rem juga bisa berakibat  rusaknya komponen lain. "Pengereman kurang pakem bisa tabrakan, dan komponen lain akan rusak, karena metal yang bergesekan," lanjut Ade. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya