Bus Tanpa Sopir Mulai Diuji Coba

Bus bercita rasa kereta di China diuji coba.
Sumber :
  • shanghaiist

VIVA – Teknologi self driving atau mobil yang bisa nyetir sendiri ternyata bukan hanya bisa disematkan di kendaraan pribadi, tetapi juga pada angkutan umum. Salah satu wujud nyatanya sedang diuji di Kota Hunan, Provinsi Zhuzhou, China.

Puluhan Taksi Robot Error saat Terjebak Macet

Angkutan umum tanpa sopir yang sedang diuji coba tersebut diberi nama The Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Media pemerintah China menjulukinya sebagai bus cepat pertama di dunia.

Seperti dilansir Shanghaiist, Jumat, 27 Oktober 2017, ART merupakan bus yang memiliki desain mirip dengan kereta. Angkutan umum ini berjalan di jalan raya dan menggunakan sensor untuk jalur virtual yang akan dilaluinya tanpa sopir.

BMW Bangun Sirkut Megah Demi Lawan Teknologi Otonom Tesla

ART memiliki bodi layaknya kereta dengan leburan warna hijau dan hitam. Untuk masuk ke dalam kabin, terdapat beberapa pintu geser, serta kaca-kaca berukuran besar di sisi bodi.

Bus kota rasa kereta itu beroperasi mengandalkan tenaga listrik dengan tenaga baterai yang sanggup mencapai kecepatan hingga 70 kilometer per jam. Meski bisa melaju tanpa sopir, masih terdapat ruang kemudi di bagian depannya.

Menhub Budi Sebut Kendaraan Otonom Mengaspal di IKN pada 2023

Kabin ART sanggup menampung 307 orang penumpang dalam sekali perjalanan. Tak heran jika kendaraan umum ini dianggap mampu mereduksi kemacetan yang kerap terjadi di kota tersebut.

Untuk tahap awal, ART berjalan di jalur pendek di dalam kota. Nantinya, jalur dan sensor akan diperbanyak, sehingga bus kota mirip kereta tersebut bisa menempuh jarak 6,5 kilometer lebih panjang. (art)

VIVA Otomotif: Taksi robot terjebak macet.

Tragis! Korban Tabrak Lari Terlindas Mobil Otonom

Seorang pejalan kaki di San Francisco, Amerika Serikat mengalami cedera yang mengancam nyawa, setelah jadi korban tabrak lari dan kemudian mobil otonom kemudian melindasn

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023