Tilang CCTV Ternyata Ampuh Bikin Pengendara Tertib

Traffic Light di Surabaya dengan papan informasi pengawasan CCTV.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Membuat pengguna jalan raya tertib berlalu lintas bukanlah hal yang mudah. Namun, Pemerintah Kota Surabaya kini punya cara ampuh agar pengendara sepeda motor dan pengemudi berkendara tertib di jalan raya.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudi, pengaturan jalan dengan perangkat digital menjadi cara ampuh mengurangi pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

"Memang kami dari sisi teknologi mengembangkan command center dan Surabaya Intelegent Transport System, di mana kita bisa menggantikan peran petugas dengan CCTV (Close Circuit Television)," kata Irvan di Jakarta.

Lawan Arah, 1.599 Kendaraan Bermotor di Jakarta Ditilang

Pemerintah Kota Surabaya, lanjut Irvan, mencanangkan pemasangan 1.000 CCTV di berbagai titik. Dengan alat tersebut, kata dia, pengguna jalan raya dibiasakan untuk tertib lalu lintas dan berkendara aman, meski tidak dijumpai petugas Kepolisian pengatur lalu lintas di jalanan.

Uji coba penggunaan CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas, sudah dilakukan sejak September 2017. Hasilnya, angka pelanggaran lalu lintas turun signifikan. Selain CCTV, kata Irvan, juga akan dipasang speed camera untuk memastikan pengendara tidak melebihi batas kecepatan maksimum.

Catat! Pengendara yang Cuma Tunjukan Foto SIM dan STNK Tetap Ditilang

"Jadi saat kami mencoba menerapkan e-tilang by CCTV pertama kali, bulan September ya, kami uji di satu simpang jalan mampu menekan kedisiplinan atau kepatuhan lebih dari 70 persen," kata dia. (ren)

Ilustrasi kamera ETLE

Petugas ETLE Mulai Tahun Ini Dapat Insentif

Tujuannya, mewujudkan masyarakat yang tertib berkendara dan meminimalisir terjadinya kecelakaan berlalu lintas.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024