Satu Hal soal Asuransi Mobil yang Orang Tidak Banyak Tahu

Digitalisasi Asuransi Astra
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Bukan hanya harga kendaraan yang setiap tahun mengalami kenaikan, namun juga biaya asuransinya. Tapi, kenaikan biaya asuransi hanya berlaku bagi motor atau mobil dengan kode produksi terbaru.  

OJK Cabut Izin Usaha Asuransi WanaArtha Life

Head of Communication and Event Asuransi Astra, Iwan Pranoto, mengatakan, premi (biaya per bulan) itu ditentukan dari rate dikali harga kendaraan tertanggung.

Kata dia, penetapan kenaikan harga rate dasar itu diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

OJK: Pertumbuhan Industri Asuransi 2023 Perlu Didukung Relaksasi

“Jadi, rate itu yang nantinya akan menjadi acuan industri para pemegang merek. Misalnya, kategori satu acuan rate-nya sekian, berarti asuransi Astra akan mereview. OJK yang menentukan rate batas atas dan batas bawah,” ujarnya saat dihubungi VIVA.

Seandainya rate yang ditentukan tidak berubah, tapi harga mobil mengalami kenaikan, maka otomatis biaya premi naik.

Industri Asuransi Optimistis Resesi Global 2023 Bakal Ciptakan Peluang Jangka Panjang

“Menentukan rate itu macam-macam, ada yang berdasarkan wilayah, ada juga berdasarkan harga pertanggungan,” tuturnya. (one)

Asuransi mobil.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Klaim asuransi kendaraan seringkali memiliki sistem yang rumit tetapi hal ini berbeda dengan Tap Insure. Dimana, perusahaan ini memberikan jaminan kemudahan klaim asurans

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2023