Mahalnya Biaya Ganti Oli Mobil Porsche, Jangan Terkejut

Mobil Porsche yang disewakan untuk umum.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih

VIVA – Porsche merupakan salah satu mobil yang terkenal mahal. Tak cuma harga saja yang mahal, namun biaya perawatan juga di atas rata-rata ketimbang mobil-mobil pada umumnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Seperti halnya untuk sekadar biaya mengganti oli. Jika umumnya ganti oli pada mobil biasa menghabiskan dana Rp500 ribuan, untuk Porsche biayanya sekira Rp6,5 juta. Dana itu setara dengan harga motor Yamaha Mio bekas lansiran 2013.

“Waktu penggantian oli yang dibutuhkan itu 1,5 jam dan biaya jasanya per-jam di Porsche Rp900 ribu, tapi di luar final inspection dan kebersihan kendaraan,” ujar Christian Degraal, Service Manager Porsche Indonesia kepada VIVA.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Unit Porsche terbaru sebenarnya mendapatkan garansi selama dua tahun. Tetapi penggantian oli pertama saja, jasanya sudah bayar. Biaya Rp6,5 juta sudah termasuk dengan penggantian filter oli, biaya jasa dan pajak.

Sementara itu menurut Yosep Kuma, Technical Training Manager Porsche Indonesia, oli yang digunakan di bengkel Porsche memiliki tingkat kekentalan yang berbeda. Untuk mesin V-twin atau boxer dengan bahan bakar bensin, olinya adalah SAE 0W-40, sedangkan diesel 5W-40 seperti Cayene.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Mesin kita high performance dengan tingkat presisi tinggi, jadi butuh oli yang SAE segitu 0W-40, di bawah itu juga ada 0W-30 tapi susah dicari. Dan yang menentukan suplier oli dari principal, di mana ada daftar merek oli yang jadi pertimbangan,” tuturnya.

Karena keadaan iklim di Indonesia, sebenarnya yang penggantian oli yang direkomendasikan di 10 ribu kilometer. Mengingat mobil Porsche memiliki performa tinggi dan jika mobil dipakai untuk kegiatan harian, butuh segera diganti olinya karena tingkat penguapannya tinggi.

Sebagi informasi, Porsche Indonesia juga menyatakan bahwa setiap pemilik mobil Porsche klasik mulai dari lansiran 1958 bisa melakukan servis dan pembelian suku cadang di bengkel resminya, Porsche Center yang berlokasi di kawasan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya