Berapa Usia Wiper Mobil?

Cara ganti karet wiper mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Cuaca buruk saat berkendara dapat mengganggu jarak pandang. Hal itu tentu sangat berbahaya, karena mampu menyebabkan kecelakaan. Karena itu jarak pandang merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam berkendara. 

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Untuk mendapatkan jarak pandang yang baik saat kondisi cuaca sedang buruk, pengendara harus memperhatikan kaca depan yang bersih dan kondisi prima wiper sebagai komponen wajib pembersih kaca.

Bagian yang sering terlupakan oleh pengendara adalah umur pakai wiper. Hal ini seharusnya lebih diperhatikan karena batas umur wiper sangat memengaruhi jarak pandang saat berkendara dalam cuaca hujan.

Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?

Seharusnya para pemilik mobil mengganti karet wiper secara rutin, maksimal 1 tahun pemakaian.

"Untuk penggantian karet wiper seharusnya itu memang enggak ada batas pasti untuk umur, tergantung pemakaian. Tapi maksimal itu diganti satu tahun pemakaian," kata pemilik Orange Garage, Octa Bond kepada VIVA.

Wiper Mobil Pakai Karet Sudah Kuno, Tesla Gunakan Laser

Octa mengatakan bahwa karet wiper jika sudah berumur lebih dari satu tahun, biasanya sudah tidak terlalu maksimal dalam membersihkan air. Terlebih jika karet sudah mengeras, hal ini dapat membuat kaca menjadi baret, sehingga mengganggu penglihatan pengemudi ketika memacu kendaraan saat cuaca buruk.

"Wiper mobil juga harus diperiksa secara rutin oleh pemilik mobil. Harus dilihat apakah masih bisa bekerja maksimal, karena cuaca buruk bisa secara tiba-tiba datang," ujar Octa.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022