Daihatsu Jelaskan Alasan Jualan Ayla dan Terios Merosot

Test drive All New Daihatsu Terios.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil sejumlah merek sepanjang Juni 2018 mengalami penurunan. Salah satunya adalah Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Gran Max 4 Rupa Ramaikan Pameran GIICOMVEC 2024

Tercatat, penurunan terjadi di semua kelas yang punya pasar seksi. Sebut saja kelas Low Cost Green Car, pencapaian Daihatsu Sigra turun hingga ribuan unit. Apabila selama Mei dapat terjual 5.250 unit, Juni hanya 2.016 unit. Masih di kelas sama, penjualan wholesales Ayla juga demikian, bahkan penurunannya hingga 70 persen.

Jika Mei mencatatkan angka 2.289 unit, di Juni Ayla hanya terjual 510 unit. Penurunan juga terjadi di kelas Low Sport Utility Vehicle Terios. Bila Mei 2018 dapat terjual 2.659 unit, namun masuk ke Juni hanya 923 unit.

Daihatsu Xenia Kena Recall

Daihatsu mengatakan hal tersebut wajar terjadi tiap tahunnya. Mengingat aktivitas produksi di pabrik sempat diliburkan saat Lebaran dalam jangka waktu yang cukup lama, maka stok unit yang dikirim ke diler jumlahnya sedikit.

"Itu biasa saja, kan libur panjang Lebaran jadi pabrik juga libur," ujar Amelia Tjandra, Marketing Direktur PT ADM dalam pesan singkatnya kepada VIVA, Jumat, 13 Juli 2018.

Daihatsu Pastikan Mobil yang Dipasarkan di Indonesia Aman

Penurunan juga terpantau di segmen Low Multi Purpose Vehicle yang porsi kuenya terbesar. Penjualan Xenia turut mengalami penurunan.

Apabila Januari sampai Mei penjualan rata-rata wholesales-nya masih di angka dua ribu sampai tiga ribuan unit, namun di Juni hanya 524 unit. "Semua brand juga sama (alami penurunan penjualan karena Lebaran)," tutur Amel.

Daihatsu Rocky di IIMS 2024

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Daihatsu menjadi salah satu pabrikan otomotif, yang juga mengembangkan kendaraan elektrifikasi. Mereka bahkan telah memiliki model yang dijual umum, salah satunya yakni D

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024