Deretan Mobil Bekas yang Dikenal Punya Mesin Bandel

Sorot Mobil Mudik - Mobil bekas yang dijual pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Dibutuhkan pengetahuan lebih jika ingin memboyong mobil dalam keadaan bekas. Apalagi mobil tersebut sudah berumur.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Hal ini penting lantaran tak semua mobil lawas memiliki mesin prima. Termasuk ketersediaan suku cadang yang acap jadi kendala.

Namun bagi kalangan pencinta mobil, ada produk yang dikenal punya mesin bandel alias awet. Hal ini pula yang diungkapkan para pedagang mobil bekas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Seperti yang disampaikan Ronny Eduard, pedagang mobil bekas Grand Galaxy City Bekasi. Kata dia, ada beberapa mobil yang mesinnya dikenal bandel, salah satunya Toyota Kijang. Produk itu, kata dia, memiliki daya tahan yang sudah terbukti. Menariknya suku cadangnya di pasaran juga masih banyak alias berlimpah.

“Kijang sudah paling betul. Karena durability-nya bagus, suku cadang murah dan banyak, fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup bagus untuk mobil sekelasnya lansiran 1997-2003,” ujar Ronny kepada VIVA, Jumat, 20 Juli 2018.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Beberapa fitur yang sudah tertanam antara lain power steering, elektrik mirror, power window, dan AC yang sudah doble blower. Kijang yang dimaksud adalah model 'kapsul' di mana baik versi mesin bensin dan dieselnya sama-sama bagus.

Kendati demikian, bukan berarti calon konsumen harus abai dengan ketelitian. Sebab untuk memboyong Multi Purpose Vehicle (MPV) ini, calon konsumen juga perlu kejelian. Jangan sampai justru mendapat 'barang yang busuk'.

"Karena usia mobil yang sudah lebih dari 15 tahunan lebih biasanya sudah korosi di beberapa titik, namun masih bisa diperbaiki."

Hal senada juga disampaikan Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih. Dia mengatakan, mesin mobil racikan Toyota rata-rata awet begitu juga dengan Kijang lawas.

"Sementara untuk mobil hatchback, ada Honda Jazz yang mesinnya cukup awet," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya