Indonesia Bangun Pusat Pengujian Kendaraan Listrik

Mercedes-Benz Luncurkan Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kendaraan bertenaga listrik, baik yang murni maupun hibrida, menjadi tren baru di dunia. Di Indonesia, mobil dengan energi setrum itu juga menjadi masa depan pasar otomotif nasional.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Melihat kondisi dan perkembangan teknologi di industri kendaraan tersebut, Direktur Sarana Perhubungan Darat Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan proses pengujian untuk kendaraan listrik di Tanah Air. 

"Kementerian Perhubungan akan terus berupaya meningkatkan fasilitas pengujian ke depan, termasuk untuk kendaraan listrik," kata Sigit di Jakarta, Selasa 25 September 2018.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Untuk pengujian kendaraan listrik, kata Sigit, ada beberapa hal yang menjadi fokus, yakni terkait baterai sebagai sumber tenaga, pengujian kecepatan kendaraan listrik, terkait pengecasan, serta suara dari kendaraan listrik itu sendiri.

Mercedes-Benz Luncurkan Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Diinformasikan oleh Sigit, lokasi pengujian kendaraan listrik ada di daerah Bekasi, Jawa Barat. Saat ini tempat tersebut sedang dalam tahap proses persiapan, dan diharapkan bisa mulai digunakan tahun depan.

"Kami juga terus melihat teknologi yang sekarang seperti apa. Jangan sampai kami bangun, tapi teknologi melompat jauh. Kami cari yang paling pas, karena mengenai baterai saja diriset terus kan,” tuturnya.

Kalau pengujian yang lainnya, kerangka waktunya dalam dua tahun. Harapannya, bisa punya semua untuk pengujian kendaraan listrik ini,"  kata dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya