Ganti Jok Mobil, Jangan Mudah Tergoda Harga Murah

Kombinasi bahan kulit dan suede pada jok mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Beberapa pengguna mobil ternyata masih ada yang salah paham dengan teknik pembungkusan jok dengan bahan semi kulit. Sebenarnya ada tiga jenis cara pemasangan jok berbahan sintetis yang harus dipahami dan jangan terbuai dengan harga murah.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Digital Kreatif Difisi Manager PT Polystar International MBtech, Edi Pamungkas mengatakan, tiga jenis cara pemasangan jok berbahan semi kulit yang pertama cover, semi paten dan paten. Untuk harga yang paling murah itu sekadar cover atau sarung jok.

“Kalau orang datang ke bengkel interior ada yang ditawarkan murah padahal hanya cover, ada juga yang di tawarkan mahal, karena pemasangan paten. Jadi masih banyak yang belum tahu perbedaannya,” ujarnya di Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dia mengatakan, untuk teknik pemasangan cover, bahan semi kulitnya sudah disesuaikan jok mobil tersebut dan pemasangannya hanya diikat tali di bawah jok, jadi seperti pakai sarung. Kelebihannya adalah murah, kelemahannya dia akan geser tidak rapih.

“Untuk semi paten, beda tipis dengan cover. Karena sebelumnya sudah di jahit dulu, lalu disarungin ke jok tapi untuk mengikatnya bukan pakai tali, tapi di jahit bagian bawah jok atau pakai resleting,” tuturnya.

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Sementara untuk cara pemasangan jok semi kulit yang paten bahan asli jok sebelumnya dikeluarkan misalnya fabric atau kain. “Tinggal busanya baru dijahit sesuai pola jok, kalau kurang busa bisa ditambah, dan ini mengikat terlihat rapih harganya lebih mahal,” tuturnya.

Agar tidak keliru lebih baik tanyakan dulu kepada bengkel interior yang dihampiri. “Tipsnya tanyakan dulu bisa bikin paten atau hanya cover. Bisa tanyakan ketiga teknik tersebut harganya berapa, jangan terbuai dengan harga murah,” katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022