Alasan Hino Belum Bikin Bus Tingkat

Bus wisata tingkat resmi meluncur di Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Tak cuma model standar, bus tingkat atau double decker kini sudah mulai dijual ke banyak perusahaan otobus di Indonesia. Model bus tersebut saat ini ditawarkan oleh merek Mercedes-Benz dan Scania.

Pemudik Motor Kehilangan Pacar, dan Kawasaki KLX 230R Baru

Terkait hal itu, PT Hino Motors Sales Indonesia sebagai salah satu produsen bus di Tanah Air, mengaku telah melihat peluang bus tingkat di Indonesia. 

Meski demikian, Santiko Wardoyo selaku direktur Sales dan Promosi HMSI mengatakan, perusahaannya masih terus melihat minat pasar terkait bus double decker .

Bus dan Truk Hino Lebih Maksimal Pakai BBM Ini

"Kalau memang ditanya sekarang, kami memang belum ada. Tapi, tidak menutup kemungkinan ke depannya juga akan kami studi untuk double decker," kata Santiko di Tangerang, Rabu, 14 November 2018.

Bus tingkat khusus wisatawan di Kota Semarang, Jawa Tengah

Bus dan Truk Baru Hino Kini Lebih Ramah Lingkungan

Sementara itu, Director of Sales Planning and Logistic HMSI, Yuichi Naito menegaskan, tingkat keamanan sebuah kendaraan adalah fokus utama Hino.

Ia mengaku, akan terus melakukan studi terkait kebiasaan sopir bus di Tanah Air, karena risiko mengendarai bus double decker dianggap lebih besar.

"Untuk sementara, lini produk double decker belum ada. Tetapi, di Jepang kami tetap melakukan studi. Hal yang paling kami utamakan itu safety, sehingga produk itu bisa dipakai di Indonesia dengan aman dan nyaman," ujar Naito. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya