Bukan Avanza, Ini 'Korban' Baru Mitsubishi Xpander

Deretan Mobil Terbaru di GIIAS 2018, Mitsubishi XPander
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Sebelum 2017, mobil gagah Pajero Sport didatangkan Mitsubishi Indonesia dari Thailand dalam bentuk utuh atau completely built up. Namun, mobil jenis sport utility vehicle itu akhirnya diproduksi secara lokal.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Tapi, hal itu akan kembali berubah. Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat akan menghentikan sementara produksi Pajero Sport. Alasannya, jalur produksi akan digunakan untuk meningkatkan pembuatan Xpander.

Hal itu disampaikan Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. Dia mengatakan, Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Osamu Masuko meminta izin untuk mengalihkan status Pajero Sport, dari rakitan lokal menjadi impor.

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Tapi, hal itu dilakukan hanya untuk sementara. Penyebabnya, mereka harus memenuhi permintaan ekspor mobil pesaing utama Toyota Avanza tersebut di beberapa negara.

Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

“CEO (Mitsubishi) datang, akan investasi empat miliar Yen untuk menambah kapasitas produksi. Sedangkan, konsumen (ekspor) sudah pesan Xpander. Sementara, Pajero Sport diimpor,” ujarnya di Jakarta, Rabu 28 November 2018.

Menurut Putu, permintaan Xpander untuk ekspor sampai saat ini masih sangat besar. Tapi, sampai sekarang pabrik belum berekspansi.

“Mereka minta (impor Pajero Sport), untuk sementara saja bilangnya, tidak sampai setahun. Karena, permintaan ekspor menyangkut masalah kontrak. Sementara belum bisa ekspansi, mereka gunakan fasilitas yang ada,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya