Ini Mobil Pertama VW yang Akan Diproduksi di Indonesia

Tiguan VRS meluncur resmi di GIIAS 2018.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Pasar otomotif Indonesia yang semakin moncer, membuat beberapa perusahaan asal luar negeri tertarik menanamkan investasinya. Wuling dan DongFeng Sokon adalah dua merek yang belum lama melakukannya.

Terpopuler: Volkswagen Geser BYD di China, Komparasi Honda Freed vs Toyota Sienta

Dengan modal triliunan rupiah, dua pabrikan asal China itu membangun pabrik dan puluhan jaringan diler. Saat ini, DFSK baru memiliki satu mobil penumpang, sedangkan Wuling sudah ada tiga model.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto mengatakan, akan ada dua merek baru yang bakal membangun pabrik di Tanah Air.

Volkswagen Bikin Mobil Mirip KITT dari Film Seri Knight Rider

“Ada dua. Satu dari Korea Selatan, Hyundai. Satu lagi Volkswagen. VW akan bikin assembling line di Indonesia. Investasinya 40-50 juta Euro (Rp650-800 miliar),” ujarnya  di kantor Kemenperin, Jakarta, Kamis 20 Desember 2018.

New Tiguan dari Volkswagen

Ada Mobil Hatchback Ikonik di GIIAS 2023

Menurut Harjanto, selain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, dua merek tersebut akan menggunakan Indonesia sebagai basis produksi produk ekspor.

“Kalau ekspor, untuk pasar Asia Tenggara dan sekitarnya. 50 persen produk yang dibuat Hyundai adalah untuk ekspor,” tuturnya.

Harjanto menjelaskan, model pertama VW yang akan dibuat di Indonesia adalah sport utility vehicle atau SUV. Modelnya adalah varian terendah dari pabrikan asal Jerman itu.

“Modelnya Tiguan. PT Garuda Mataram bikin sendiri pabriknya. Belum tahu ada berapa varian,” ungkapnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya