Mobil China Siapkan Produk Baru, Toyota: Silakan Keluarkan Sebanyaknya

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Toyota bersiap menyambut 2019 dengan strategi matang. Sederet produk baru sudah di kantong, dan siap dirilis sebagai bagian dari strategi memperkuat cengkraman bisnisnya di Tanah Air. Setelah Camry, raksasa otomotif asal Jepang itu dijadwalkan merilis Avanza terbaru.

Eksistensi Pabrikan Mobil China Semakin Terlihat, Ini Buktinya

Bukan cuma Toyota yang siap menatap bisnisnya di 2019. Jurus itu pula yang dilakukan sejumlah kompetitor. Termasuk pendatang baru dari China, seperti Wuling dan DFSK. Terkait hal ini PT Toyota Astra Motor menegaskan tak pernah gentar dan justru merasa bersyukur.

"Di Toyota, kami enggak pernah lihat kompetitor akan mengambil porsi dari kita. Kita justru hargai maker yang menawaakan produk barunya. Karena ini berkontribusi positif untuk menumbuhkan total industri otomotif nasional. Kita tak lihat dari per satu merek, tetapi kerjasama kita menumbuhkan otomotif nasional," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto dalam sambungan telepon dengan sejumlah awak media, di Tominoko Hotel, Fujikawaguchiko, Jepang.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Soerjo menambahkan, apabila ada merek yang berhasrat untuk saling mematikan, itu bisa dipastikan bukan berkontribusi positif. Toyota sendiri tak masalah saat salah satu produknya, Avanza, sempat mengalami penurunan penjualan saat Mitsubishi Xpander tiba. Tetapi sekali lagi, ditegaskan hal itu ditanggapi positif sebagai bagian dari mendorong industri otomotif.

Karena Toyota saat itu langsung berubah haluan untuk membesarkan produk lainnya seperti Rush. "Xpander kita apresiasi, itu case yang real. Tetapi walau saat itu turun kita bisa kontribusi dari Rush, dan bertahan dengan 30 ribu penjualan.”

Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Tebak Berapa Nilainya

“Intinya kalau ada yang mau keluarkan produk, silakan keluarkan sebanyak-banyaknya. Karena itu akan mendorong penjualan mobil secara nasional."

Logo Piaggio/Vespa

Terpopuler Otomotif: Mobil China Raih Peringkat Tertinggi, Merek Vespa Bernilai Rp18 Triliun

Berita yang membahas soal mobil China raih peringkat tertinggi dan merek Vespa bernilai Rp18 triliun, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023