Mobil Keluarga Kelas Menengah, Innova Belum Juga Goyah

Peluncuran Toyota Innova Venturer di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA – Beragam model dan jenis mobil keluarga dijual di Indonesia. Banyaknya pilihan tersebut lantaran multi purpose vehicle atau MPV menjadi favorit masyarakat. Alasan memilih MPV pun cukup sederhana, yakni kapasitas angkut yang besar dibandingkan model lain.

Innova Venturer Bekas Masih Jadi Favorit, Ini 5 Alasannya

Di segmen MPV kelas menengah, ada lima merek yang masih eksis menawarkan produknya, yakni Toyota Kijang Innova, Wuling Cortez, Toyota Sienta, Nissan Grand Livina. Selain itu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ada gabungan tiga merek lainnya, yakni Proton, Kia, dan Mazda.

Selama Januari hingga Desember 2018, pengiriman MPV dari pabrik menuju diler-diler resmi atau diistilahkan sebagai penjualan wholesales, tercatat 74.044 unit. Angka ini turun jika dibandingkan medio yang sama tahun 2017, yang mencapai 84.311 unit.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Dari data Gaikindo, diketahui merek Toyota masih menduduki peringkat pertama penjualan mobil keluarga kelas menengah. Di segmen tersebut, Kijang Innova menjadi andalan dengan angka penjualan wholesales 59.630 unit.

Di bawahnya, merek China Wuling berhasil membukukan penjualan wholesales 5.857 unit selama 2018. Mobil Toyota lainnya, Sienta diketahui dari data laku 5.113 unit.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Sementara Nissan Grand Livina dan Isuzu Panther yang masih mengandalkan desain lama masih bisa bertahan dengan angka penjualan ribuan unit. Nissan Grand Livina pada tahun lalu dijual sebanyak 2.392 unit dan Isuzu Panther 1.001 unit. Gabungan produk MPV lainnya, dijual sebanyak 51 unit. (kwo)

Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024