Honda Jazz Tak Lagi Jadi Raja Hatchback

Honda Jazz terbaru meluncur di Jakarta, Rabu 26 Juli 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Selama bertahun-tahun, Honda dan Toyota bersaing ketat di pasar mobil hatchback di Indonesia. Jazz menjadi andalan Honda, sementara Toyota menghadirkan Yaris. Dan selama tiga tahun terakhir, Jazz selalu menjadi juara.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Sementara itu, beberapa model dari merek lain hanya sebagai penghias saja, karena angka penjualannya tidak cukup mumpuni untuk menjadi hatchback terlaris. Seperti Suzuki Neo Baleno dan Mazda2.

Namun, semua itu berubah di Februari 2019. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, takhta hatchback terlaris dipegang oleh Baleno, dengan angka distribusi dari pabrik ke diler sebanyak 1.239 unit. Padahal, bulan sebelumnya hanya 19 unit.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Jazz menduduki urutan kedua, dengan angka distribusi 986 unit. Pada Januari 2019, mobil yang digemari kaum muda itu laku 1.423 unit.

Yaris harus puas berada di posisi tiga, karena hanya menyumbang 306 unit di pasar hatchback nasional pada bulan kedua tahun ini. Angka tersebut turun lebih dari 50 persen, jika dibandingkan satu bulan sebelumnya.

Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2022 Naik 38 Persen

Sementara itu, penjualan Mazda2 bisa dikatakan stabil. Berhasil laku sebanyak 117 unit di awal 2019, mobil mungil itu dikirim ke diler sebanyak 138 unit pada bulan selanjutnya.

Sebagai informasi, Honda menghadirkan edisi facelift Jazz pada pertengahan 2017. Mobil generasi ke-3 itu terlihat lebih sporty, berkat ubahan pada bumper depan belakang. Dan yang tidak ketinggalan, ciri khas grille yang lebih tegak, yang oleh Honda disebut dengan istilah Solid Wing Face.

VIVA Otomotif: Mobil terlaris di Indonesia September 2023

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan sebesar 6,3 persen dari bulan seb

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2023