Selama Dua Bulan, Mobil-mobil Ini Hanya Laku Satu Unit

Honda BR-V terbaru meluncur di IIMS 2018.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Pertumbuhan pasar otomotif selama dua bulan pertama di 2019, belum menunjukkan angka kenaikan. Pada Januari sampai Februari, penjualan mobil dari pabrik ke diler hanya menyentuh angka 163.675 unit.

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

Dari jumlah tersebut, penjualan mobil penumpang sebanyak 119.425 unit dan komersial 44.250 unit. Sementara, pada periode yang sama di tahun sebelumnya, penjualan mobil di Tanah Air mencapai 190.234 unit. Hasil itu disumbangkan dari mobil penumpang 143.849 unit, dan komersial 46.385 unit.

Jika menelisik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, bahkan ada beberapa mobil penumpang dari merek Eropa atau Jepang yang hanya terjual satu unit selama dua bulan.

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Dari merek Eropa, khususnya yang bermain di kelas premium, BMW hanya menjual satu unit untuk beberapa modelnya. Seperti 520i rakitan Indonesia, 530i, i8, dan 440i yang statusnya masih impor dari Jerman.

Selain itu, mobil Audi dengan model A4 2.0 Quattro juga hanya dilego satu unit. Lalu ada MINI Cooper S 5-Door, Mini Cooper Clubman dan Cabrio. Bukan hanya itu, merek mobil Jepang yang terkenal dengan penjualannya pun mengalami hal tersebut.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Seperti Daihatsu dengan Great New Xenia tipe X MT, yang laku satu unit di Januari. Ada juga Honda Mobilio RS dan BR-V E+, Mitsubishi Mirage GLS AT, Toyota Sienta E 1.5, Suzuki Ignis GL AT, serta Ertiga GX ESP MT.

Meski hanya dikirim sebanyak satu unit, bukan berarti mobil tersebut tidak laku. Ada beberapa alasan, salah satunya adalah stok tersebut adalah model lama, yang ingin dihabiskan sebelum versi terbarunya hadir. (ang)

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024