Dibandingkan Versi Lama, Segini Konsumsi BBM Carry Baru

All New Suzuki Carry
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales resmi merilis All New Carry, di pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019. Mobil pikap buatan lokal tersebut menggunakan mesin berkode K15B, yang sama dengan Ertiga dan berstandar Euro4.

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

Meski sama-sama berkapasitas 1.462cc, tapi tenaga yang dihasilkan berbeda. Carry memiliki tenaga maksimal 95,6 daya kuda dan torsi 135 Newton meter. Sedangkan, tenaga Ertiga lebih besar, yakni 103,2 dk dan torsi 138 Nm.

Adanya perbedaan itu, disebabkan letak mesinnya yang berbeda. Ertiga menggunakan pola mesin di depan, sedangkan Carry di tengah. Alhasil, proses pendinginan mesin keduanya berbeda, yang berdampak pada performa.

Diuji di Dunia Nyata, Mobil Listrik Neta V Hematnya Luar Biasa

Jika dibandingkan dengan model lama, New Carry memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Hal itu disampaikan oleh Head of 4 Wheel Product Development and Accessories SIS, Yulius Purwanto.

“Carry seri baru menggunakan mesin K15B. Suzuki mengembangkan mesin K Series, demi mengejar efisiensi bahan bakar,” ujarnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu 1 Mei 2019.

Mitsubishi Motors Bahas Konsumsi BBM The New SUV

Sayangnya, Yulius tidak bisa memberikan jawaban pasti, soal berapa konsumsi bahan bakar Carry pikap. Alasannya, cara penggunaan dan beban yang diangkut tidak sama antar pengguna.

“Untuk mobil komersial, sangat sulit diukur efisiensi bahan bakarnya. Sebab, cara pemakaiannya berbeda-beda, Sangat variatif (hasilnya),” tuturnya.

Meski demikian, ia bisa mengungkap seberapa irit mobil baru itu, dibandingkan dengan versi lamanya. “Saat kami melakukan pengetesan, kami sampaikan 15 persen lebih irit dibanding Carry sebelumnya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya