Taksi Bluebird Wajib Dipasangi Peranti Ini - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 24 Mei 2019 | 12:08 WIB

Taksi Bluebird Wajib Dipasangi Peranti Ini

Mobil listrik butuh tambahan suara.
Mobil listrik BYD e6
Photo :
  • Krisna/VIVA

Mobil listrik BYD e6

VIVA – Sebagai perusahaan taksi terbesar di Indonesia, Bluebird dituntut untuk terus berinovasi. Salah satu terobosan yang mereka lakukan belum lama ini, yakni menguji coba armada kendaraan listrik.

Sebanyak 25 unit mobil buatan BYD dan empat unit Tesla Model X, mulai ditawarkan ke para konsumen. Puluhan kendaraan bebas emisi gas buang itu saat ini beredar di wilayah DKI Jakarta.

Meski memiliki keunggulan dalam hal ramah lingkungan, namun ada satu hal yang masih dikhawatirkan oleh banyak pihak. Hal yang dimaksud yakni kendaraan itu bergerak nyaris tanpa suara.

Bunyi menjadi penting bagi para pengemudi dan pengendara, karena digunakan sebagai salah satu tanda untuk menunjukkan kehadiran mereka di jalan raya.

Mobil listrik Tesla Model X jadi taksi Bluebird

Absennya suara juga disoroti oleh Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Dewanto Purnacandra. Ia menjelaskan, nantinya setiap kendaraan listrik bakal wajib mengeluarkan suara dengan tingkat kebisingan tertentu.

“Kami minta (kendaraan listrik) harus ada suara. Ada motor penggerak, tapi kan senyap. Jadi, butuh tambahan suara,” ujarnya di Jakarta, Jumat 24 Mei 2019.

Nantinya, kata Dewanto, suara akan menjadi salah satu syarat pengujian kendaraan listrik. Kemenhub berencana melengkapi tempat pengujian, dengan alat yang bisa mengukur tingkat kebisingan kendaraan.

“Ada uji baterai, uji kebisingan. Alat kami sudah ada, tapi sedang disiapkan,” tuturnya.

 

loading...
Muat Lainnya...