Hyundai Akan Bikin Mobil Canggih di Indonesia

Logo Hyundai
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Hyundai akhirnya resmi mengumumkan bahwa mereka akan membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia. Kepastian itu diungkapkan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, saat berkunjung ke Korea Selatan.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

“Mereka akan mulai produksi pada 2021, dengan kapasitas 70.000 hingga 250.000 unit per tahun,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin 1 juli 2019.

Jenis mobil yang akan diproduksi bermacam-macam, mulai dari sedan, hatchbacksport utility vehicle, hingga multi purpose vehicle.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Pabrik yang saat ini belum disebutkan lokasinya tersebut, akan membutuhkan 3.500 pekerja. Nantinya, mobil yang diproduksi tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun juga bakal diekspor.

“Targetnya, sebanyak 47 persen produksi untuk pasar domestik, dan 53 persen untuk ekspor,” tuturnya.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Harjanto mengungkapkan, mobil yang dibuat oleh Hyundai tidak hanya berbasis mesin konvensional.

Produsen kendaraan asal Korsel itu juga bakal merakit mobil, yang tenaga penggeraknya berasal dari energi listrik. Dari total kapasitas produksi Hyundai di Indonesia, sebagian akan digunakan untuk membuat kendaraan listrik.

Nantinya, sebagian besar stok dari mobil canggih tersebut akan dikirim ke Asia Tenggara dan Australia. Sementara itu, sisanya untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya