Menelisik Perjalanan Toyota Yaris di Pasar Otomotif Indonesia

All New Toyota Yaris
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Model mobil yang dijual di Tanah Air sangat beragam. Salah satunya adalah hatchback. Dari tampilan luarnya, model ini mirip dengan sedan. Perbedaan mencolok biasanya ada di bagian belakang, karena bagasi mobil ini tidak sepanjang sedan.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Salah satu produk hatchback yang populer di Indonesia, adalah Toyota Yaris. Mobil yang kerap disapa sedan tanpa buntut itu, banyak terlihat di jalanan. Tak cukup sampai di situ, mobil berpenampilan stylish ini kerap meramaikan berbagai ajang olahraga otomotif.

Perlu diketahui, popularitas Yaris ini tak lepas dari kesuksesan sang kakak, Starlet. Mobil tanpa buntut itu,sangat tersohor dan menjadi primadona di era 1980-an sampai tahun 1999. Mengulang kesuksesan Starlet, PT Toyota Astra Motor kembali mendatangkan mobil tanpa buntut ke pasar otomotif Tanah Air.

Mobil Baru Segera Hadir di RI, dan Harga New Toyota Starlet

Pada Februari 2006, Yaris diboyong secara utuh dari Thailand untuk kembali membidik pasar anak muda Indonesia. Dua tahun berjalan, Yaris mendapat tambahan varian TRD Sportivo dengan tampilan yang lebih sporti. Lalu pada 2009, mobil ini mengalami perubahan minor, di bagian eksterior dan penyegaran di bagian kabinnya.

Baca juga: Mobil ini cocok buat dinas Presiden di ibu kota baru

Toyota Hadirkan Yaris GR Sport Hybrid Edisi Khusus, Bonus PS5

Pada 2010, Yaris mengalami penyegaran pada TRD Sportivo menjadi versi 2. Setahun kemudian, diberi penambahan fitur back sonar. Lalu, di tahun 2013, 2013, Yaris mengalami berbagai ubahan agar tampilannya makin moderen dan segar.

Maret 2014, TAM meluncurkan Yaris generasi terbaru dengan desain yang sama sekali baru mengedepankan ‘Advanced fascinating true Hatchback’. Generasi baru ini bukan lagi barang impor, tetapi sudah diproduksi lokal oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Demas Agil mempergunakan Toyota Yaris untuk berprestasi di arena balap.

Pada penghujung 2016, diluncurkan new Yaris dengan tampilan Stylish & Fun. Pada varian TRD Sportivo disematkan warna merah untuk menambah kesan sporty. Pada saat bersamaan, diluncurkan pula model Yaris Heykers, dengan tema Urban Adventure dan memiliki desain berbeda dari model standarnya.

Sementara model yang saat ini dijual oleh TAM, melucur di tahun 2018. Desain mobil tanpa buntut ini juga terlihat semakin bergaya, namun tidak meninggalkan kesan sporty dan desain agresif yang cocok dengan anak-anak muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya