Ternyata Harga Mobil Esemka Murah, Mau Beli?

Presiden Jokowi menjajal mobil Esemka Bima
Sumber :
  • Setpres Agus Suprapto

VIVA – PT Solo Kreasi Manufaktur akhirnya resmi meluncurkan produk perdana mereka, yakni mobil pikap Esemka Bima. Kendaraan yang masuk dalam segmen komersial itu, hadir dalam dua pilihan mesin.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Pembukaan selubung mobil dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi, Jumat 6 September 2019. Usai memberi kata sambutan, ia langsung menjajal kendaraan tersebut di area pabrik, yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Dilansir dari VIVAnews, Jokowi berkeliling naik Esemka didampingi oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Saat berbicara kepada awak media, ia menyatakan cukup puas dengan kualitas dari mobil yang dibuat secara lokal itu.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

“Menurut saya, kualitas cukup baik. Kalau ada yang kurang sedikit, ya ini produksi pertama. Sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," ujarnya.

Baca Juga: Mobil Esemka Kena ‘Sentil’ Rocky Gerung

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Jokowi menjajal mobil Esemka Bima

Terkait harga jual, dengan kualitas yang sudah dilihat dengan matanya sendiri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin bahwa Esemka Bima bisa diminati di pasar otomotif nasional.

“Saya lihat, harganya kompetitif. Saya tanya, harganya Rp95 juta off the road. Kalau feeling saya, bakal laku keras," tuturnya.

Sementara itu, Menperin menyatakan bahwa fasilitas yang dimiliki SMK untuk memproduksi kendaraan, sudah sangat lengkap. Mulai dari untuk perakitan, hingga ruang penyediaan suku cadang.

“SMK memiliki fasilitas produksi yang telah siap beroperasi, antara lain lini pengecatan bodi, lini perakitan mobil tipe monocoque, tipe chassis, mesin bensin, dan transmisi. Ada juga lini penyambungan transmisi, pengujian kendaraan,” ungkap Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya