Fadli Zon Bikin Meme soal Esemka dan Mobil China

Politikus Gerindra, Fadli Zon
Sumber :
  • YouTube/Kiky Saputri Official

VIVA – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon ikut menanggapi maraknya isu bahwa mobil Esemka tidak murni karya anak bangsa. Ia melihat, jika penggunaan komponen dalam negeri masih kurang banyak, ada kemungkinan sebagian diimpor dari Negeri Tirai Bambu.

Ingatkan Masyarakat Lapor SPT Tepat Waktu, Sri Mulyani: Tinggal Lima Hari Lagi

"Saya kira, kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional menandakan bahwa itu bukan komponen nasional," ujarnya, dikutip dari VIVAnews, Sabtu 7 September 2019.

Tanggapan itu ia berikan, menyusul pernyataan Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, yang mengatakan bahwa Esemka bukan mobil nasional.

Apindo Ungkap RI Alami Industrialisasi Berkelanjutan, Pemerintah Diingatkan Ini

“Kami perusahaan swasta nasional 100 persen, dan kami bukan nasional seperti yang dipahami orang selama ini," tutur Eddy.

Menurut informasi yang didapat Fadli Zon, komponen mobil Esemka itu tidak sepenuhnya berasal dari dalam negeri. Artinya, ia setuju dengan pernyataan Eddy bahwa Esemka bukan mobil nasional.

Serangan Teroris di Rusia, Putin Umumkan Hari Berkabung Nasional

"Siapa tahu komponennya dari China, dibikin di Indonesia, dirakit. Siapa tahu begitu. Kalau begitu mah, semua orang juga bisa," ungkapnya.

Tak hanya memberi komentar, Fadli Zon juga mengunggah meme tentang viralnya kabar bahwa Esemka Bima mirip dengan salah satu produk mobil pikap buatan China, yakni Shangan Star Truck.

Meme itu ia buat, untuk menanggapi unggahan pemilik akun Twitter @LisaAmartatara3, yang juga membuat meme dalam bentuk nyanyian.

“Changan changan sama kan aku dengan yg lain,” tulis Fadli Zon di akun Twitter-nya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya