Produksi Esemka Pakai Sistem Rakitan CKD atau IKD?

Perakitan mesin mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Setelah ditunggu selama tujuh tahun, akhirnya mobil perdana Esemka resmi dihadirkan ke publik. Pembukaan selubung dilakukan di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyoali, Jawa Tengah belum lama ini.

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Turut hadir dalam acara, Presiden Jokowi. Tidak hanya sekadar memberi sambutan, ia juga menyempatkan diri mencoba duduk di dalam mobil yang diberi nama Esemka Bima itu.

“Menurut saya, kualitas cukup baik. Kalau ada yang kurang sedikit, ya ini produksi pertama. Sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," ujarnya.

Mobil Rp104 Jutaan Ini Bensinnya 25 Km per Liter

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyatakan, bahwa fasilitas yang dimiliki SMK untuk memproduksi kendaraan, sudah sangat lengkap. Mulai dari untuk perakitan, hingga ruang penyediaan suku cadang.

“SMK memiliki fasilitas produksi yang telah siap beroperasi, antara lain lini pengecatan bodi, lini perakitan mobil tipe monocoque, tipe sasis, mesin bensin, dan transmisi. Ada juga lini penyambungan transmisi, pengujian kendaraan,” ungkap Airlangga.

Volkswagen Geser BYD di Pasar Otomotif China

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika menjelaskan, sistem produksi yang diterapkan SMK berbeda dari pabrik mobil lainnya.

“Bukan CKD (completely knock down), bukan IKD (incomplete knock down). Kalau CKD, mobil utuh diurai, dibawa ke sini, dirakit. Bukan IKD juga, karena ada kewajiban lokal kontan tinggi. Esemka pakai fasilitas part by part. Komponen yang dibutuhkan yang diimpor,” ungkap Putu di Jakarta, Rabu 11 September 2019.

Produk Truk Hino

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengabarkan, bahwa mereka baru saja meraih sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN untuk beberapa model kendaraan yang dipa

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024