Satu Komponen Diganti, Corolla Altis Baru Jadi Lebih Nyaman dan Stabil

All New Toyota Corolla Altis Hybrid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Untuk menggairahkan pasar sedan di Indonesia, PT Toyota Astra Motor meluncurkan All New Corolla Altis. Sesuai namanya, mobil ini mengusung banyak ubahan dari generasi sebelumnya.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Pada Corolla generasi ke-12 ini, Toyota menggunakan platform baru yang disebut Toyota New Global Architecture atau TNGA. Dengan platform ini, mereka bisa memasang mesin hybrid yang ramah lingkungan.

Itu sebabnya, kini di Indonesia Corolla Altis hadir dalam tiga varian, yakni G, V dan Hybrid. Ketiganya dibekali dengan fitur yang berbeda, sesuai tipe dan harga yang ditawarkan.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Namun, ada satu kesamaan dari tiga tipe itu, yakni sistem suspensinya. Berkat platform TNGA, Toyota bisa memasang suspensi jenis baru di bagian belakang.

Berdasarkan keterangan resmi dari TAM, dilansir Jumat 13 September 2019, Corolla Altis generasi 11 memakai suspensi belakang model torsion beam. Kelebihannya adalah ukurannya tidak besar, dan murah untuk dibuat.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Kini, Corolla Altis memakai suspensi belakang model double wishbone. Meski dimensinya lebih besar dan menggunakan komponen lebih banyak, namun para insinyur bisa mengatur kenyamanan dan kestabilan dengan lebih bebas dan akurat.

Double wishbone disebut-sebut menjadi jenis suspensi terbaik saat ini. Desainnya memungkinkan roda untuk selalu menapak aspal dengan sudut nyaris sempurna, apa pun kondisinya.

Rancangannya juga dibuat sedemikian rupa, agar suara bising saat suspensi bekerja tidak sampai masuk ke dalam kabin. Otomatis, tingkat keheningan kabin menjadi lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya