Ternyata Ada Lho, Mobil VW yang 'Lahir' di Pabrik Cikampek

Volkswagen Tiguan Allspace sudah dirakit lokal di Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Volkswagen atau VW merupakan salah satu merek mobil Eropa, yang menjajal peruntungannya di Tanah Air. Produsen otomotif asal Jerman itu menawarkan beragam jenis kendaraan, salah satunya Tiguan Allspace.

Terpopuler: Volkswagen Geser BYD di China, Komparasi Honda Freed vs Toyota Sienta

Produk baru ini meramaikan segmen mobil keluarga, yang menggunakan bangku tiga baris di dalam kabinnya. Volkswagen Tiguan Allspace diluncurkan melalui perwakilan resminya, PT Garuda Mataram Motor, di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2019.

Presiden Direktur Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri mengatakan, mobil baru ini sudah siap dikirimkan kepada konsumen, yang sudah melakukan pemesanan Tiguan Allspace. Saat ini sudah ada ratusan unit Tiguan Allspace yang dipesan di Indonesia.

Volkswagen Bikin Mobil Mirip KITT dari Film Seri Knight Rider

"Hari ini kami dengan bangga melakukan seremoni, serah terima lima unit Tiguan Allspace kepada pembelinya," ujarnya di Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

Baca juga: Jadi anggota DPR RI, Krisdayanti punya koleksi Avanza dan Alphard

Ada Mobil Hatchback Ikonik di GIIAS 2023

Andrew mengatakan, Tiguan Allspace tidak lagi berstatus kendaraan completely built up (CBU) seperti produk VW lainnya. Mobil baru itu, kata Andrew, dirakit secara lokal di fasilitas milik anak perusahaan Indomobil, PT National Assemblers di Cikampek, Jawa Barat.

"Dengan demikian, bisa lebih banyak orang yang bisa memiliki mobil Volkswagen, karena produksi di Indonesia harganya bisa lebih kompetitif," tuturnya.

Serah terima Volkswagen Tiguan Allspace rakitan lokal

Volkswagen Tiguan Allspace merupakan mobil keluarga bangku tiga baris, yang dibekali mesin bensin 1.400cc dengan turbocharger yang bertenaga 150hp dan memiliki torsi maksimum 250nm. Banderol yang ditawarkan oleh PT Garuda Mataram Motor untuk mobil ini Rp598 juta on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya