Menjajal Mobil Listrik hingga 'Afrika'

Menjajal Mobil Listrik hingga 'Afrika'

Rabu, 9 Oktober 2019 | 23:51 WIB
Toyota memboyong sejumlah mobil hybrid ke Banyuwangi.
Test drive Toyota C-HR Hybrid di Taman Nasional Baluran Jawa Timur
Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

Test drive Toyota C-HR Hybrid di Taman Nasional Baluran Jawa Timur

VIVA – PT Toyota-Astra Motor kembali mengajak para jurnalis menjajal berkendara mobil-mobil listrik Toyota. Pengujian dilakukan di berbagai kondisi jalan di Banyuwangi Jawa Timur dan Bali, 9-11 Oktober 2019.

Saat ini Toyota memiliki beberapa lini mobil listrik hybrid, baik itu Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Beberapa model yang dicoba antara lain Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, Alphard Hybrid, C-HR Hybrid, dan Prius Plug-In Hybrid.  

"Total jarak pengetesan ini 380 km," kata Manager PR Toyota-Astra Motor Rouli Sijabat di Banyuwangi.

Penggunaan mobil HEV lebih praktis karena masih bisa mengandalkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selayaknya mobil dengan mesin konvensional. Selain itu, daya jangkau mobil ini sama seperti kendaraan konvensional karena baterainya bisa langsung diisi (charging) melalui engine yang ada pada kendaraan. 

Toyota sebagai pabrikan mobil listrik terbesar di dunia saat ini telah berhasil menjual lebih dari 14 juta unit mobil HEV dalam lebih dari 40 model di lebih 90 negara. 

Di Indonesia, Toyota mulai memperkenalkan mobil listrik berteknologi HEV ini sejak 2009 dengan mendatangkan Toyota Prius, kemudian disusul dengan Camry Hybrid pada 2012, Alphard Hybrid pada 2015, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid pada 2019.

Blimbingsari ke ‘Afrika’

Berita Terkait :
Saksikan Juga