Sama-sama Mobil Listrik, Ini Lho Beda HEV dan PHEV - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 10 Oktober 2019 | 03:48 WIB

Sama-sama Mobil Listrik, Ini Lho Beda HEV dan PHEV

Simak perbedaan jenis mobil listrik di sini.
Test drive Toyota C-HR Hybrid di Taman Nasional Baluran Jawa Timur
Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

Test drive Toyota C-HR Hybrid di Taman Nasional Baluran Jawa Timur

VIVA – PT Toyota-Astra Motor mengajak puluhan jurnalis membuktikan kemudahan berkendara beberapa mobil listrik Toyota di Banyuwangi Jawa Timur dan Denpasar Bali pada 9-11 Oktober 2019. Ada dua versi yang bawa: Hybrid Electric Vehicle (HEV)  dan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Mobil HEV yang dicoba adalah Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, Alphard Hybrid, dan C-HR Hybrid. Sedangkan mobil PHEV dan Prius Plug-In Hybrid.  

Sama-sama mobil listrik, sebenarnya apa sih beda HEV dan PHEV?

HEV merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis tenaga penggerak, motor listrik dan mesin konvensional berbahan bakar minyak. Pada mobil hybrid jenis ini, tidak memerlukan pengisian baterai dari listrik rumah. Mesin konvensional akan mengisi baterai secara otomatis.

Manager PR Toyota-Astra Motor Rouli Sijabat mengatakan, penggunaan mobil HEV lebih praktis karena masih bisa mengandalkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selayaknya mobil dengan mesin konvensional. Selain itu, daya jangkau mobil ini sama seperti kendaraan konvensional karena baterainya bisa langsung diisi (charging) melalui engine yang ada pada kendaraan. 

Toyota sebagai pabrikan mobil listrik terbesar di dunia saat ini telah berhasil menjual lebih dari 14 juta unit mobil HEV dalam lebih dari 40 model di lebih 90 negara. "Di Indonesia, Toyota mulai memperkenalkan mobil listrik berteknologi HEV ini sejak 2009 dengan mendatangkan Toyota Prius, kemudian disusul dengan Camry Hybrid pada 2012, Alphard Hybrid pada 2015, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid pada 2019, " katanya di Banyuwangi.

Selain efisien bahan bakar dan rendah emisi, dari sisi kenyamanan dan keamanan tidak kalah dengan mobil konvensional. Dibandingkan dengan model konvensional, kendaraan HEV memiliki emisi gas buang sangat rendah dan lebih hemat bensin. 

Sedangkan mobil PHEV yang saat ini diapakai pada Prius, sama-sama menggunakan dua tenaga penggerak, motor listrik dan mesin bensin. Bedanya, baterai bisa diisi dari listrik rumah.

Simak perbedaan jenis mobil listrik di tautan ini.

Saksikan Juga

Pameran Mobil Futuristik Bertenaga Listrik

TVONE NEWS - 2 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...