Daihatsu Siapkan Fitur Canggih untuk Sigra dan Xenia

New Daihatsu Sigra diuji jalan di Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Saat mengunjungi Sirkuit Fuji Speedway di Jepang, VIVA.co.id berkesempatan melihat mobil Daihatsu yang sudah dibekali dengan teknologi canggih. Mobil yang dimaksud adalah Tanto, yang disematkan fitur Smart Assist.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Head, Demand and Supply Section Sales Planning Department Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor, Ryo Kawasaki menjelaskan, fitur itu sudah biasa dipasang di mobil kelas mewah. Namun, Daihatsu berhasil membuatnya dengan harga yang cukup terjangkau.

“Fitur Smart Assist itu disematkan di Daihatsu Tanto. Smart Assist ini biasa diterapkan di mobil-mobil mewah, sekarang Daihatsu memasangnya di Tanto yang dijual di Jepang,” ujarnya di lokasi, Jumat 25 Oktober 2019.

5 Mobil MPV Termurah di Pameran IIMS 2024

Sementara itu, Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan, nantinya Smart Assist juga akan dipasang di beberapa model Daihatsu yang diproduksi ADM di Indonesia.

Daihatsu Tanto

Mobil Terlaris di Indonesia Januari 2024 Harganya Rp100 Jutaan

Uniknya, ada dua model yang Amelia sebut bisa dipasangi perangkat canggih itu, yakni low cost green car Daihatsu Sigra dan multi purpose vehicle Daihatsu Xenia.

Meski demikian, tidak semua versi Sigra dan Xenia bakal menggunakan fitur yang bisa mencegah tabrakan itu. Sebab, perangkat hanya dapat berfungsi sesuai dengan spesifikasi mobil.

“Mobilnya akan kami pilih, enggak semua varian. Misalnya Sigra, yang paling atas karena kan ada ABS (anti-lock braking system). Enggak semuanya ada. Kalau misalnya Xenia, juga enggak semua kami kasih fitur itu,” tutur wanita yang akrab disapa Amel itu.

Sebagai informasi, Smart Assist adalah sistem yang mampu mencegah terjadinya kecelakaan. Cara kerjanya dengan memanfaatkan banyak sensor serta tersedia dalam beberapa varian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya