Mobil Sejuta Umat Berulang Tahun ke-16

Booth Avanza di IIMS 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosef Mali

VIVA – Kehadiran mobil sejuta umat, Toyota Avanza di Indonesia kini memasuki tahun ke-16. Selama masa tersebut, multi purpose vehicle itu sudah mengalami berbagai perubahan, baik dari segi interior maupun eksterior.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id, Rabu 11 Desember 2019, mobil kembaran Daihatsu Xenia ini pertama kali diperkenalkan pada 11 Desember 2003, namun baru dipasarkan secara resmi di tahun berikutnya. Avanza hadir dalam dua pilihan model, yaitu 1.3 G dan 1.3 E dengan transmisi manual lima percepatan.

Selang setahun, Avanza meluncurkan transmisi otomatis, serta menghadirkan tipe baru 1.3 S A/T yang diposisikan sebagai flagship. Pada Juli 2006, seluruh tipe dibekali mesin VVT-i, serta perubahan pada eksterior dan interior.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Tiga bulan kemudian, Avanza hadir dalam tipe mesin empat silinder berkapasitas 1.500cc. Di akhir 2008, Avanza mengalami pembaruan pada bagian atap, serta perubahan bagian interior yang lebih elegan.

Pada September 2009, Toyota kembali menghadirkan tipe 1.3 G dengan transmisi otomatis empat percepatan. Tahun berikutnya, PT Toyota Astra Motor menambah tipe Avanza 1.3 E yang juga dilengkapi transmisi otomatis.

Top Otomotif: Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander 2023, Mercedes-Benz Recall 1 Mobil Saja

Akhir 2011, Avanza meluncur menjadi generasi kedua. Desain jauh lebih berbeda, dan variannya bertambah beberapa tipe, termasuk Veloz dengan tampilan sporty dan fitur lebih lengkap.

Dua tahun berikutnya, Avanza generasi kedua hadir lagi dengan beberapa pembaruan dalam segi keamanan dan kenyamanan, dengan menambahkan kantung udara. Terakhir, TAM mengubah tampilan Avanza menjadi lebih sporty, yakni pada 2018.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Ban serep, juga dikenal sebagai ban cadangan atau ban pengganti yang sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting untuk keadaan darurat seperti saat ban utama mengalami k

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024