5 Kendaraan yang Mubazir Dipakai Polisi

Traktor.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Mobil yang memiliki dapur pacu mumpuni hingga supercar, sudah lazim digunakan polisi di berbagai belahan dunia sebagai kendaraan operasionalnya. Namun, ternyata ada pula polisi yang menggunakan smart car hingga traktor dalam bertugas, meski dinilai mubazir.

Gus Miftah Kasih Uang ke PSK Agar Pulang Cepat: Orang Berhenti Maksiat Sedetik Aja Keren

Dilansir dari Hotcar, Jumat 14 Februari 2020, sejumlah kendaraan yang tak lazim digunakan polisi itu sejatinya juga digunakan untuk menangkap penjahat. Namun, ada sebab lain yang membuatnya masih digunakan.  

Berikut ini daftarnya lima kendaraan yang tak lazim dipakai polisi: 

Ada Mobil Mungil EV Meluncur Edisi Terbatas, Hanya 50 Unit

1.  Blinky

Blinky.

Pelihara Jenggot, Anggota Polres Lombok Tengah Kena Sanksi

Blinky adalah mobil polisi Metropolitan Toronto yang telah diubah memiliki wajah kartun. Mobil yang mulai digunakan pada 1950 ini bertugas mengedukasi masyarakat setempat untuk akan kesadaran berkendara dengan baik. 

Polisi Toronto menggunakan kendaraan ini untuk berpawai di jalanan kota tersebut. Dengan membunyikan pengeras suara tentang hukum dan dan keselamatan berkendara, seolah mobil itu bisa berbicara. 

2. Smart ForTwo

Smart ForTwo.

Smart car berpenumpang dua orang ini nyatanya tidak secerdas namanya. Namun departemen Kepolisian New york bersikeras mempertahankan kendaraan ini untuk berpatroli. 

Mobil ini memiliki mesin 1.000 cc yang mampu memompa 80 tenaga kuda. Dengan spesifikasi itu mobil ini bisa mencapai kecepatan 0-60 mph dalam waktu 9 detik. 

3.  Skuter roda tiga

Skuter tiga roda.

Kendaraan yang lebih mirip pikap bajai di Indonesia ini juga digunakan oleh Kepolisian New York. Kendaraan ini sejatinya adalah pendahulu Smart ForTwo. 

NYPD pun sebelumnya menggunakan kendaraan ini untuk patroli. Namun, keterbatasannya bermanufer karena hanya memiliki tiga roda membuat akhirnya di-upgrade menjadi Smart ForTwo.

4. Mobil kecil Polisi New Orleans

Smartcar.

Polisi negara tersebut sengaja memilih mobil kecil dua penumpang ini karena kejahatan di New Orleans ini tak seburuk kejahatan di belahan dunia lainnya. 

Namun kenyataannya, mobil ini pun sering kali kesulitan menangkap penjahat. Bahkan yang lari dengan menggunakan sepeda.

5. Traktor

Traktor.

Anda pasti mengira apa ada polisi menggunakan traktor sebagai kendaraan operasionalnya. Di Inggris hal tersebut nyatanya kejadian. 

Polisi Inggris menggunakan traktor untuk mengejar penjahat yang juga menggunakan traktor di area pertanian negara tersebut. Namun pemilihan kendaraan ini pun menjadi perbincangan masyarakat. 

Sebab, polisi bisa saja menggunakan kendaraan off-road atau SUV untuk medan pengejaran penjahat di area pertanian. Sebab, kecepatan traktor bahkan tidak bisa melewati Smart ForTwo. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya