Beli Suzuki Jimny Baru, Jadi Berasa Punya 'Mobil Sultan'

Suzuki Jimny
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Tak hanya menjadi produk legendaris, Suzuki Jimny mencetak sejarah sebagai kendaraan baru yang memiliki waktu tunggu (inden) lama saat ini. Untuk bisa mendapatkan mobil ini, pembeli harus eksta sabar karena butuh waktu tahunan untuk proses pengirimannya.

Terpopuler Otomotif: Penjualan Sepeda Motor Naik Banyak, Harga Mobil Baru Mercedes-Benz

Sampai saat ini, Jimny diketahui hanya diproduksi di kampung halaman Suzuki di Jepang, yang kemudian dikirim ke berbagai negara. PT Suzuki Indomobil Sales sebagai perwakilan resminya pun, hanya mendapat jatah 50 unit setiap bulannya untuk dikirimkan kepada konsumen Tanah Air.

Jika melihat pemesanan Suzuki Jimny dari awal peluncurannya dengan kuota yang tersedia, SIS mensimulasikan, pembeli SUV berperawakan mungil itu harus rela menunggu selama 20 tahun untuk bisa mendapatkan unit yang sudah dipesan.

Daftar Harga Mobil Baru Mercedes-Benz Januari 2024

Meski belum semua unit yang dipesan oleh masyarakat Indonesia terpenuhi, harga Jimny tahun ini diseting oleh SIS lebih mahal daripada sebelumnya. Artinya ada kenaikan harga yang dilakukan pada mobil offroad legendaris itu.

Baca juga: Ada Virus Corona, Inden Suzuki Jimny Makin Lama?

Terpopuler Otomotif: Daftar Harga Mobil Suzuki Januari 2024, Pedagang Bensin Eceran Viral

Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS, Harold Donnel mengatakan, ada kenaikan harga Rp15 juta untuk semua varian Suzuki Jimny yang dipasarkan di Tanah Air saat ini. Kenaikan tersebut, berlaku mulai 1 April 2020.

"Perubahan harga ini, kami sesuaikan setelah dilakukan evaluasi internal terhadap produk Jimny ya, dan perubahan harga dilakukan untuk semua varian," ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu 8 April 2020.

Suzuki Jimny di pabriknya di Suzuki Kosai Plant di Jepang

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Pemasaran Kendaraan Empat Roda SIS, Donny Saputra. Dia mengatakan, pada awal April sudah dilakukan penyesuaian harga untuk Jimny karena banyak faktor, antara lain pengaruh biaya perolehan dan kurs mata uang.

"Harga perolehan unit, free on board delivery cost, biaya produksi di Jepang, dan kurs mata uang, ini faktor-faktor yang pengaruh ke harga jual Jimny. Untuk pembeli yang unitnya belum tiba, akan ikut harga baru," tuturnya.

Dari website resmi Suzuki Indonesia, diketahui Jimny saat ini dipasarkan dengan banderol Rp362,5 juta untuk tipe MT Single Tone, Rp375 juta AT Single Tone, Rp364,5 juta MT Two Tone, daan Rp377 juta AT Two Tone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya