Taktik Travel 'Gelap' Tembus Check Point Pelarangan Mudik
Senin, 27 April 2020 | 05:44 WIB

Taktik Travel 'Gelap' Tembus Check Point Pelarangan Mudik

Jangan ngotot mudik saat dilarang karena Corona.
Penyekatan pelarangan mudik di Tol Merak.
Photo :
  • Yandi D/VIVA.

Penyekatan pelarangan mudik di Tol Merak.

VIVA – Aturan pelarangan mudik yang diterapkan Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19 secara ketat diberlakukan. Penyekatan jalan yang menjadi pintu masuk dan keluar ke wilayah zona merah Corona, seperti Jabodetabek, tidak main-main dilakukan. 

Namun, hingga saat ini masih saja ada pengendara pribadi maupun angkutan umum yang berusaha tembus check point tersebut. Mereka pun punya taktik sendiri dan kucing-kucingan dengan petugas. 

Dilansir dari VIVAnews, Senin 27 April 2020, salah satunya yang terjadi di jalur Jakarta, Tangerang, Serang, hingga Kota Cilegon. Beberapa travel gelap berpelat hitam, berusaha menembus barikade pemeriksaan petugas gabungan.

Seperti yang dilakukan oleh Luxio Hitam berpelat nomor B 2576 TKX dan Luxio Putih berpelat nomor BE 1743 GR dengan empat penumpang. Sang supir mengakui menyiasati petugas untuk bisa lewat dan mengantarkan penumpangnya hingga ke Lampung.

Sang supir pun menceritakan taktiknya. Mobil Daihatsu Luxio Hitam berpelat nomor B 2576 TKX itu berasal dari Cipulir, Jakarta dengan tujuh penumpang. Dia berupaya mengelabui petugas gabungan yang berjaga di perbatasan Gerbang Tol Cikupa, agar lolos dari hadangan dan bisa sampai ke Pelabuhan Merak.

Kemudian, dia menjemput tujuh penumpang lainnya di wilayah Jakarta yang sedang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan masuk ke dalam zona merah, kemudian masuk tol JORR.