Daihatsu Indonesia Menunjukkan 'Kesaktiannya'

Daihatsu luncurkan New Ayla 2020
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Industri otomotif menjadi salah satu sektor, yang mengalami dampak paling parah akibat wabah virus corona. Ibarat pepatah, mereka sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Selain daya beli masyarakat yang menurun, pabrik juga harus ditutup demi memutus rantai penyebaran virus. Sementara, perusahaan masih tetap membayar gaji para karyawan, termasuk Tunjangan Hari Raya.

Baca juga: Boleh Mudik Lokal dan Silaturahmi saat Lebaran, Ada Tapinya

Mobil Ini 3 Kali Berturut-turut Jadi yang Paling Laku di Indonesia

Asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia memprediksi, penjualan kendaraan akan mengalami penurunan hingga 50 persen, bahkan bisa lebih. Hal itu ternyata mulai terlihat, pada April 2020.

Selama masa tersebut, beberapa wilayah di Tanah Air memberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Aktivitas warga dibatasi, begitu pula dengan kegiatan perdagangan, terutama untuk produk yang bukan menjadi kebutuhan sehari-hari.

Terpopuler: Mobil Murah Laku Keras Jelang Lebaran, Momen Zara Bonceng Ridwan Kamil

New Daihatsu Sigra

Namun, selama bulan empat di tahun ini PT Astra Daihatsu Motor justru mengalami peningkatan pangsa pasar. Pada periode Januari-Maret, angkanya untuk kategori retailsales atau diler ke konsumen, yakni 17,9 persen dari volume nasional. Lalu pada periode Januari-April, naik menjadi 18,2 persen.

Jika diterjemahkan ke dalam jumlah unit, maka pada rentang tiga bulan pertama di tahun ini ada 39.186 unit yang dikirim ke rumah konsumen. Sementara, pada periode Januari hingga April, jumlahnya menjadi 44.346 unit.

Jumlah volume penjualan secara nasional pada Januari-Maret 2020 adalah 219.361 unit, sedangkan di periode Januari-April tercatat sebanyak 243.634 unit. Artinya, selama April hanya ada 24.273 unit yang laku. Angka itu kurang dari 50 persen pencapaian di bulan-bulan sebelumnya.

“Kami prihatin dengan kondisi pasar, yang saat ini mengalami penurunan secara drastis akibat wabah COVID-19. Kami berharap, kondisi ekonomi Indonesia ini dapat segera pulih, serta pasar otomotif dapat bangkit dan berkembang kembali,” ujar Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra.

Daihatsu Grand New Xenia 2019

Sementara itu, dari semua mobil yang ditawarkan oleh ADM, model yang dijual dengan harga terjangkau masih menjadi primadona. Disusul oleh mobil niaga, dan sport utility vehicle atau SUV.

Berikut daftar 6 mobil Daihatsu terlaris selama empat bulan pertama di 2020, dikutip dari keterangan resmi Daihatsu Indonesia, Kamis 14 Mei 2020:

1. Sigra 12.868 unit

2. Gran Max pikap 8.805 unit

3. Terios 7.131 unit

4. Ayla 5.332 unit

5. Xenia 5.092 unit

6. Gran Max minibus 3.911 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya