3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

Mobil SUV misterius di peluncuran Esemka Bima
Sumber :
  • Twitter @habibthink

VIVA – Indonesia tidak hanya menjadi pasar kendaraan bermotor, namun juga memiliki kemampuan untuk memproduksinya. Bahkan, tidak sedikit produk mobil dan motor buatan anak bangsa yang diekspor ke negara lain.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Tak hanya membuat produk dengan merek asal Jepang dan Eropa, Indonesia juga memiliki merek lokal yang memproduksi berbagai macam jenis kendaraan, yakni Esemka.

Baca juga: Mobil Murah Meluncur saat Pandemi, Harga Cuma Rp57 Jutaan

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Pada September 2019, pabrik mereka di Boyolali, Jawa Tengah untuk pertama kalinya meluncurkan mobil pikap yang diberi nama Bima. Tersedia dalam dua varian mesin, kendaraan tersebut tak lama kemudian jadi mobil operasional TNI Angkatan Udara dan Kementerian Pertahanan.

Dua pikap Esemka Bima juga menjadi armada operasional Pemerintah di daerah. Mobil-mobil tersebut diketahui bakal mendukung aktivitas unit Sarana dan Prasrana Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Pikap Esemka jadi kendaraan operasional TNI AU di Lanud Atang Sendjaja

Namun, sayangnya hingga saat ini mereka tidak terdengar lagi aktivitasnya. Padahal, ada tiga model lain yang pernah dipajang dan dipamerkan ke publik.

Dikutip VIVA Otomotif dari 100kpj, Rabu 27 Mei 2020, mobil Esemka pertama yang pernah dipamerkan yakni Digdaya. Kendaraan jenis pikap kabin ganda itu tidak menggunakan mesin konvensional, melainkan dinamo listrik.

Untuk membuatnya jadi mobil yang ramah lingkungan, Esemka bekerja sama dengan PT Pindad. Pada bodi mobil, tampak logo perusahaan pelat merah itu terpampang cukup besar.

Mobil kedua yakni Garuda 1. Kendaraan ini berjenis sport utility vehicle, dan pernah tertangkap kamera sedang diangkut menggunakan truk derek. Mobil ini jadi sorotan, karena desainnya mirip dengan produk asal China.

Mobil Esemka Garuda

Produk Esemka lain yang tidak kalah keren, yakni kendaraan antipeluru. Mobil ini dipajang, saat peluncuran resmi Bima pada tahun lalu. Dari bentuknya, diduga mobil tersebut menggunakan basis kendaraan buatan Volvo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya