Waspada Penipuan Otomotif Servis Gratis Suzuki

Informasi hoax soal promo otomotif Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Banyaknya bantuan yang diberikan pada korban dampak dari virus COVID-19, ternyata dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan. Salah satunya, yakni menyebar berita bohong soal program otomotif Suzuki Peduli COVID.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Informasi dan program penawaran itu mengatasnamakan PT Suzuki Indomobil Sales, dan memberi tautan laman
s.id/SuzukiPeduliCovid. Cara penyebarannya, adlah dengan melalui pesan berantai (broadcast message).

Baca juga: Jual Mobil di Tempat Ini Dapat Tambahan Uang Rp4 Juta

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Menanggapi hal tersebut, SIS menyatakan bahwa program tersebut bukan dari mereka, dan dibuat tanpa persetujuan atau izin. Sehingga, setiap informasi yang terdapat dalamnya sama sekali tidak benar.

“Beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli Covid’ berupa perawatan mobil gratis, yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan, untuk mengumpulkan data konsumen,” ujar 4W, 2W, Marine Service Director SIS, Riecky Patrayudha melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 17 Juni 2020.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Bengkel servis Suzuki.

Pesan berantai hoax tersebut menawarkan perawatan mobil secara gratis, meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, serta checkup 32 komponen. Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, dan e-mail.

Ricky menjelaskan, saat ini perusahaannya telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong, kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ia juga memastikan, semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada laman www.suzuki.co.id, serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya