COVID-19: Toyota Indonesia Siapkan Layanan Transportasi Terkoneksi

Layanan transportasi terkoneksi dari Toyota Indonesia dalam membantu petugas medis untuk membawa spesimen pasien COVID-19 ke laboratorium.
Sumber :

VIVA – Menyadari pentingnya kelancaran operasional terutama dalam mobilitas penanganan pandemi COVID-19 yang terus menerus diupayakan oleh tenaga medis, Toyota Indonesia kembali melakukan dukungan dalam penanganan wabah.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Kali ini Toyota turut serta dengan menyiapkan solusi mobilitas dalam membawa spesimen pasien COVID-19 menuju ke laboratorium pengujian. 

Kegiatan ini melengkapi solusi mobilitas yang sudah dilakukan sebelumnya dalam penanganan COVID-19 di Indonesia sehingga mobilitas para pekerja medis dapat berjalan lancar, diantaranya seperti menyiapkan Toyota Dyna yang menjadi kendaraan sanitasi, Ambulance Kijang Innova, dan menyiapkan total 68 unit kendaraan untuk mobilitas tenaga medis di beberapa daerah di Indonesia.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF), sebuah yayasan independen dan non-profit yang bertujuan untuk memberikan solusi mobilitas bagi semua, Toyota Indonesia telah menyediakan empat kendaraan Avanza yang terhubung dan di sanitasi untuk 4 Puskesmas yang berlokasi di Jakarta Utara yaitu di daerah Cilincing, Koja, Pademangan dan Penjaringan serta 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerah Tanjung Priok dan Bekasi. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Layanan ini akan membantu antar jemput petugas medis dalam mengantar spesimen pasien menuju ke Laboratorium pengujian.

“Kami menyampaikan rasa simpati kami yang terdalam kepada semua orang yang terkena dampak wabah COVID-19, serta memberikan apresiasi kepada tenaga medis dan pemerintah yang telah menjadi garda depan dalam mengatasi wabah ini. Melengkapi apa yang telah kami lakukan sebelumnya, kami bersyukur atas kerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) ini dan kami berharap kegiatan ini dapat mendukung pekerjaan tenaga medis secara efektif ketika mereka berjuang melawan COVID-19, terutama di Indonesia,” kata President Director PT. Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

Agar layanan ini dapat bekerja secara efisien, disediakan sistem berbentuk aplikasi "On-Demand”.

Layanan ini memiliki opsi untuk melakukan pre-booking untuk memudahkan tenaga medis dalam melakukan pemesanan layanan antar-jemput, serta melalui rute yang efektif dan efisien yang dihasilkan oleh aplikasi berdasarkan lokasi dan waktu penjemputan penumpang.

Dalam pelaksanaannya saat pengantaran spesimen pasien, baik kendaraan dan penumpang maupun driver telah diberikan standar operasional untuk menjaga operasional berlangsung secara aman dan memperhatikan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang diterapkan mulai dari penggunaan pelindung diri, penyediaan hand sanitizer, melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan secara rutin, menyediakan air purifier pada kendaraan, menyediakan separator di dalam kendaraan, seat dilapisi dengan plastik yang diganti secara berkala, menerapkan physical distancing serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Sejalan dengan core perusahaan Toyota sebagai Mobility Company, kami berharap layanan ini bersama dengan dukungan mobilitas lainnya seperti Toyota Dyna sebagai kendaraan disinfektan, Ambulance Kijang Innova, dan shuttle kendaraan tenaga medis, dapat mengurangi semua hambatan mobilitas dan membantu meningkatkan kinerja para tenaga medis dalam mendukung kami - Warga Negara Indonesia - selama pandemi ini," kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya