Tikung Thailand, Mobil Ekspor Asal Indonesia Kini Terbanyak di Vietnam

Ekspor Mobil Indonesia Meningkat
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ekspor mobil penumpang asal Indonesia ke Vietnam tercatat melampaui Thailand saat ini. Dalam lima bulan pertama 2020 tercatat 15.074 unit telah diimpor oleh negara itu.  

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Dilansir dari VNexpress, Jumat 3 Juli 2020, untuk ekspor seluruh segmen mobil, Indonesia tercatat mencakup 53 atau 28.523 unit. Capaian itu jauh meninggalkan Thailand yang sebesar 37 persen.

Sebagai informasi, Indonesia dan Thailand merupakan dua negara pengekspor mobil terbanyak di Vietnam yang mencapai 90 persen. Dengan data tersebut, Thailand bergeser ke peringkat kedua, setelah berada di posisi teratas sejak 2016 lalu.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Baca juga: Minta Dites COVID-19, Pemuda Ini Bikin Heboh Tiduran di Jalan

Salah satu mobil yang laku dan diimpor dari RI yaitu Mitsubishi Xpander, yang masuk 10 mobil penumpang terlaris di negara itu. Sementara itu ada pula kembaran Agya yaitu Toyota Wigo dan Honda Brio turut berkontribusi mendongkrak ekspor mobil asal Indonesia.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Secara total, impor mobil penumpang di Vietnam pada Januari hingga Mei turun 40 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Selain karena permintaan menurun, sejumlah pabrik di Indonesia dan Thailand pun produksinya terhambat karena pandemi Virus Corona.

Pada periode yang sama, impor suku cadang mobil di negara itu juga turun. Tercatat, penurunan mencapai 19,6 persen menjadi US$1,3 miliar.

Pantau berita terkinidi VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya