Tumben Mobil Honda Ini Laku Banget di Indonesia

Interior New Honda Mobilio 2019
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pasar kendaraan bermotor di Indonesia diramaikan oleh berbagai jenis merek, mulai dari asal Jepang hingga Korea Selatan dan Eropa. Model yang ditawarkan juga beragam, seperti multi purpose vehicle atau MPV dan sport utility vehicle atau SUV.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Demikian pula dengan harga jualnya, mulai dari rentang Rp100 jutaan hingga mencapai miliaran rupiah. Tentunya, fitur yang ditawarkan disesuaikan dengan banderol kendaraan tersebut.

Soal jenis transmisi, sudah lebih dari 5 tahun kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis banyak dibeli oleh konsumen. Mulai dari sepeda motor jenis skuter matik, hingga mobil pribadi.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Harga mobil dengan transmisi otomatis lebih mahal dari varian manual, selisihnya kurang lebih Rp8-10 juta. Meski demikian, hal itu dianggap tidak seberapa dibandingkan dengan kenyamanan yang diberikan.

Bicara soal transmisi mobil, PT Honda Prospect Motor mengaku ada perubahan jenis kendaraan yang dibeli oleh konsumen. Pada Juni kemarin, mereka mencatat kenaikan cukup tinggi untuk mobil dengan transmisi manual.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

“Penjualan transmisi manual mendadak tinggi, karena pembeli mobil pertama meningkat,” ujar Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Kamis 9 Juli 2020.

Billy menjelaskan, pada masa normal baru pihak penyedia layanan pembiayaan kendaraan sudah melonggarkan aturan mengenai uang muka, sehingga konsumen dapat melakukan pembelian secara kredit dengan down payment rendah.

“Kemarin leasing company menetapkan DP 40-50 persen, sulit buat first time buyer. Jadinya pembeli tunai dan kredit terbagi rata 50 persen. Kalau dibiarkan DP 20 persen, khawatir konsumen tidak bisa bayar (sesuai dengan kontrak). Sekarang sudah mulai membaik,” tuturnya.

Sebagai informasi, total penjualan HPM selama bulan ke-6 tahun ini adalah 2.488 unit, naik 93 persen dari bulan sebelumnya. Model yang paling laris adalah All New Honda Brio, yang menyumbang 52 persen dari total penjualan HPM di bulan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya