Jasa Marga Punya Mobil Canggih Buatan Australia, Untuk Apa?

Mobil Hawkeye 2000 milik Jasa Marga
Sumber :
  • Jasa Marga

VIVA – Tidak banyak yang tahu, bahwa PT Jasamarga Tollroad Maintenance memiliki kendaraan khusus yang diberi nama Hawkeye 2000. Mobil ini sudah dioperasikan sejak 2018 lalu.

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Hawkeye 2000 merupakan mobil produksi Australian Road Research Board, dan digunakan untuk keperluan survei kondisi jalan. Sistem pengoperasiannya melalui integrasi dari beberapa peralatan sensor, yang spesifik dalam mendapatkan data karakteristik dan kondisi elemen jalan.

Direktur Utama JMTM, Rudy Hardiansyah menjelaskan bahwa hingga saat ini, Hawkeye 2000 telah mengolah data kondisi 626 kilometer jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, dan 10.100 km jalan nasional. Mulai dari Wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

"Dalam pengumpulan data, mobil Hawkeye 2000 akan menyusuri jalan, baik jalan tol maupun jalan nasional, dengan kecepatan minimal 30 km per jam dan maksimal 100 km per jam, serta dikawal oleh satu kendaraan di belakangnya yang berfungsi untuk melakukan pengamanan lajur untuk Kendaraan Hawkeye," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 16 Juli 2020.

Rudy menambahkan, bahwa mobil ini juga dilengkapi berbagai peralatan sensor penangkap data kondisi jalan, mulai dari Global Positioning System, Laser Profiler,  Auto Crack Detection Profiler, Gipsitrec Geometry,  Distance Measurement Instrument, hingga Asset Cameras.

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

" Hawkeye 2000 digunakan untuk dapat menghasilkan nilai kondisi jalan, seperti nilai ketidak-rataan atau International Roughness Index dan nilai kerusakan permukaan. Data tersebut digunakan untuk memastikan pemenuhan parameter standar pelayanan minimal dan penentuan program perbaikan jalan," tuturnya.

Tidak hanya itu, Hawkeye 2000 juga digunakan untuk menghasilkan output variable elemen geometrik jalan dan aset jalan, yang dapat juga dimanfaatkan untuk penentuan tingkat kinerja keselamatan jalan serta blackspot.

Mobil Hawkeye 2000 milik Jasa Marga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya