Beli Mobil saat New Normal Dapat Promo Apa Saja?

Ilustrasi diler Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Penjualan mobil pada Juni tahun ini jauh lebih baik ketimbang bulan sebelumnya. Saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar transisi, roda perekonomian mulai kembali bergerak sehingga masyarakat mampu melakukan pembelian.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Seperti yang dialami oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Direktur Pemasaran Kendaraan Roda Empat SIS, Donny Saputra mengatakan bahwa mobil komersial andalan mereka, yakni All New Carry mengalami peningkatan penjualan yang cukup besar.

“Retail sales (pengiriman dari diler ke konsumen) kami naik 190 persen dari Mei ke Juni 2020, whole sales (pengiriman dari pabrik ke diler) naik 350 persen. Untuk Carry, penjualannya naik 60 persen,” ujarnya kepada VIVA Otomotif melalui wawancara virtual, dikutip Selasa 21 Juli 2020.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan di Diler, Innova Zenix Hybrid Dihantam Terios

Donny menjelaskan, salah satu penyebab naiknya angka penjualan kendaraan adalah karena para pengusaha bisa kembali menjalankan bisnis mereka, sehingga kebutuhan akan kendaraan komersial mengalami kenaikan.

“Biasanya, yang pulih dulu memang kendaraan komersial. Setelah 4-6 bulan, baru diikuti kendaraan penumpang,” tuturnya.

Kecil-kecil Tajir Melintir, Fujianti Utami Putri Beli Super Car Baru Seharga Rp2,7 Miliar

Baca Juga: Penantang Fortuner, Harga Rp200 Jutaan

Soal cara pembayaran, Donny mengungkapkan bahwa pembayaran tunai mengalami kenaikan cukup signifikan. Hal itu disebabkan penyedia jasa pembiayaan mengetatkan aturan peminjaman, agar tidak terjadi gagal bayar.

Namun, memasuki masa normal baru pihak leasing sudah mulai melonggarkan aturan. Mereka mulai menawarkan paket-paket menarik, agar konsumen mau melakukan transaksi. Demikian pula dengan diler, mereka juga memberi promo menarik untuk konsumen yang membayar tunai.

Menurut Donny, saat ini pembeli cenderung datang dari mereka yang ingin mengganti kendaraan. Karena sudah memiliki uang muka dari hasil penjualan kendaraan lama, maka yang dicari adalah cicilan ringan.

“Promo untuk bayar tunai ada, seperti gratis perawatan berkala sampai 50 ribu kilometer dan aksesori. Leasing juga menawarkan paket bunga rendah dan tenor lebih panjang,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya