Sudah Tahu Belum, Ini Lho Bedanya Pajero dan Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport saat mengikuti Ekspedisi Tol Trans Jawa 2018
Sumber :
  • VIVA/Toto Pribadi

VIVA – Beragam produk mobil ditawarkan oleh Mitsubishi Motors untuk pasar otomotif dunia. Salah satu jenis cukup dikenal oleh konsumen, sport utility vehicle alias SUV bernama Pajero dan Pajero Sport.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mungkin belum banyak yang mengetahui, meski memiliki nama dan lahir sebagai SUV, kedua produk ini memiliki banyak perbedaan. Tak hanya desain bodi dan interior saja, jantung penggerak serta sistem transmisi yang dipakai pun tak sama

Naoya Nakamura selaku Presiden Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), meski berbagi DNA tangguh dengan daya tahan dan performa yang tinggi, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport adalah dua model atau produk dengan spesifikasi dan segmen yang berbeda.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

"Hampir seluruh varian Mitsubishi Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia diproduksi di fasilitas perakitan MMKI setelah sebelumnya diimpor dari Thailand," ujarnya seperti dilansir dari 100KPJ, Senin 3 Agustus 2020.

Baca juga: Klakson Motor Jadi 'Fals', Coba Cek Bagian-bagian Ini

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Mitsubishi Pajero diluncurkan pertama kali pada 1982, dan Pajero Sport pada 1996. Segmentasi pasarnya pun berbeda, Pajero turut meramaikan kelas big SUV, sementara adiknya Pajero Sport cukup dikenal di kalangan konsumen penggemar SUV kelas menengah. 

Dari penyebutan, Pajero memiliki beberapa nama inisial, yakni Montero dan Shogun. Sementara mobil Pajero Sport, dikenal juga sebagai Mitsubishi Challenger, Montero Sport, atau Shogun Sport.
Pajero facelift

Mesin yang dipakai di Pajero, kapasitasnya mulai dari 2.000cc sampai 3.800cc. Sementara di bawah kap depan Pajero Sport ada pilihan mesin 2.400cc sampai yang berkapasitas 3.500cc. Untuk penggerak roda, Pajero hanya tersedia dalam versi 4WD, dan adiknya memiliki pilihan 2WD dan 4WD.

Lokasi produksinya, Pajero dibuat di Jepang. Sementara untuk Pajero Sport lahir di fasilitas produksi pabrikan berlogo 'Tiga Berlian' di berbagai negara, mulai dari Indonesia, Thailand, Rusia, dan Bangladesh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya